Tuesday, 20 November 2018

Warga Banyak Pulang Kampung

Libur Panjang, Arus Lalu Lintas Pantura Padat

Rabu, 25 Desember 2013 — 19:14 WIB

KARAWANG (Pos Kota) – Sejak Selasa petang sampai Rabu (25/12) malam terjadi kepadatan arus dari arah Jakarta menuju gerbang Tol Cikopo Cikampek. Begitu juga setelah keluar gerbang Tol Dawuan, Cikampek, jelang liburan  Natal dan Tahun Baru 2014,  yang berbarengan dengan masa libur sekolah.

Petugas di Simpang Tiga Mutiara, memberlakukan buka – tutup jalur menuju Simpang Tiga Jomin, akibatnya terjadi kepadatan arus di Jalan Ir. H. Juanda Kota Cikampek.  Kepadatan arus juga terjadi sejak keluar gerbang Tol Dawuan sampai Jalur Pantura Jatisari menuju ke arah Cirebon.

Kasat Lantas Polres Karawang, AKP M. Rano Hadianto mengatakan, pihaknya telah menempatkan sejumlah anggotanya pada titik-titik tertentu yang rawan terjadi kemacetan. Mereka mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan yang berlarut-larut.

“Kami menempatkan anggota hingga tahun baru nanti. Mereka menempati pos di Simpang Jomin, Pertigaan Mutiara, Pasar Cikampek, dan Pertigaan kantor Camat Cikampek,” tutur Rano.

Pihaknya telah mempersiapkan rekayasa lalu- lintas jika arus kendaraan di ruas tol dan Pantura terjadi kepadatan.”Kemacetan yang terjadi saat ini disebabkan oleh tingginya volume kendaraan yang datang dari arah Jakarta. Padahal pihak Jasa Marga telah membuka lima pintu tol di Cikopo,” ungkap Rano.

Dikatakan juga, kepadatan arus lalu-lintas diprediksi bakal berlangsung hingga akhir tahun mendatang. Pasalnya, banyak warga Jakarta yang memanfaatkan waktu libur sekolah dan libur akhir tahun untuk pulang ke kampung halamannya.

Selain itu, banyak pula warga yang melakukan perjalanan untuk mengunjungi objek wisata di wilayah Jawa Tengah. “Yang pasti kami akan berupaya keras mengatur arus lalu-lintas agar perjalanan masyarakat tetap nyaman,” tutur Rano. (nourkinan/yo)