Friday, 16 November 2018

DKI Siapkan Rumah Sakit Lapangan Malam Muda Mudi

Kamis, 26 Desember 2013 — 12:56 WIB
tahun-baru

JAKARTA (Pos Kota) – Perayaan malam muda-mudi pergantian tahun dipastikan bakal disesaki jutaan warga ibukota. Selain pengamanan antisipasi medis dilakukan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi warga. Salah satunya dengan membangun rumah sakit lapangan.

Sarana kesehatan ini nantinya diperuntukkan untuk memberi perawatan bagi warga yang mengalami gangguan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati mengatakan berdasarkan hasil evaluasi tahun lalu, petugas medis kerap kesulitan membawa pasien keluar area.

Sehingga tahun ini akan dibangun rumah sakit lapangan. “Khusus di Bunderan Hotel Indonesia yang ada panggung utamanya, kita buat rumah sakit lapangan,” kata Dien, Kamis (26/12/2013).

Rumah sakit lapangan ini juga akan didukung pula dengan dokter spesialis penyakit dalam dan jantung. Karena sebagian besar pasien mengalami infeksi saluran pernapasan akut (Ispa).

Selain rumah sakit lapangan, di setiap panggung nantinya juga akan didirikan posko kesehatan.

Di setiap posko kesehatan, disiagakan satu dokter, perawat, tandu, mobil ambulan, serta obat-obatan seperti oksigen. Masing-masing posko setidaknya disiagakan 4-5 orang petugas.

Sementara untuk rumah sakit lapangan petugas yang bersiaga mencapai 10 orang.

Tidak hanya itu saja, sebanyak 17 rumah sakit rujukan juga disiapkan jika memang ada pasien yang perlu dirujuk.

Rumah sakit tersebut diantaranya Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), RS Polri, RS Gatot Subroto, RSUD Koja, dan RSUD Tarakan. “Mereka siap menampung pasien jika dalam keadaan kritis,” ucapnya.

(guruh/sir)