Friday, 16 November 2018

Malam Tahun Baru, 20 Dokter Berjaga di JNF

Kamis, 26 Desember 2013 — 16:11 WIB
dien1

JAKARTA (Pos Kota) – Menjaga keselematan warga saat  merayakan pergantian tahun, Pemprov DKI Jakarta menyiagakan 20 dokter pada sejumlah posko kesehatan dan unit darurat di kawasan Jakarta Night Festival (JNF) Bundaran HI – Patung Kuda, Jl MH Thamrin.

Hal tersebut dilakukan karena berkaca pada peristiwa tahun lalu. Saat itu, petugas kesulitan melakukan evakuasi pasien untuk di bawa ke rumah sakit.  “Jadi kita bangun posko kesehatan di tiap panggung dan rumah sakit  lapangan  atau unit darurat di panggung utama Bundaran HI,” kata Dien Emmawati, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Kamis (26/12).

Pada rumah sakit lapangan atau unit darurat itu, akan didukung dokter spesialis dalam dan jantung.  Sedangkan pada posko didukung dokter umum dan tenaga perawatan.  “Pengalaman tahun lalu, paling banyak menderita ISPA, sehingga dengan dokter penyakit dalam dan jantung diharapkan mampu mengobati pasien,” katanya.

17 Rumah Sakit Rujukan

Sementara itu, sebanyak 17 rumah sakit rujukan juga disiapkan jika memang ada pasien yang perlu dirujuk. Rumah sakit tersebut di antaranya Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), RS Polri, RS Gatot Subroto, RSUD Koja dan RSUD Tarakan. “Mereka siap menampung pasien jika dalam keadaan kritis,” ucapnya.

Di setiap posko kesehatan, sambung Dien, juga disiagakan satu dokter, satu perawat, tandu, mobil ambulans, serta obat-obatan dan tabung oksigen. Masing-masing posko setidaknya disiagakan 4 – 5 orang petugas. Sedangkan untuk rumah sakit lapangan, petugas yang bersiaga mencapai 10 orang. “Saya kira petugas yang disiagakan cukup untuk membantu warga,” tandasnya.

Sementara itu, pada JNF tersebut digelar berbagai kegiatan musik, baik tradisional maupun pop dan dangdut. Belasan panggung didirikan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin serta di Taman Monumen Nasional (Monas). (jhon/yo)