Monday, 20 February 2017

Jepang Bantu Indonesia Tangani Banjir

Selasa, 31 Desember 2013 — 8:06 WIB
panbantu3112

JAKARTA (Pos Kota)-Pemerintah Jepang akan memberikan bantuan kepada Indonesia soal penangan banjir dan penanganan limbah di DKI Jakarta. Hal itu terungkap ketika Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menerima kunjungan kerja Menteri Pertanahan Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata (PITP) Jepang Akihito OHTA.

“Dalam pertemuan antara lain dibahas masalah banjir di Jakarta yang salah satunya diakibatkan oleh penurunan permukaan tanah. Selain itu juga Pemerintah Jepang ingin mendukung penanganan limbah di Jakarta,” kata Djoko seusai menerima kunjungan Akihito, kemarin.

MASTERPLAN

Menurut Djoko, saat ini pihaknya sedang membicarakan loan untuk sistem limbah terpusat. Kementerian PU sudah punya masterplan untuk DKI Jakarta yang dibagi menjadi 15 zona. Salah satunya akan dibahas untuk bisa dibiayai oleh pemerintah Jepang.

Selain itu, permasalahan yang dibahas adalah mengenai abrasi air laut. Hal ini melihat pengalaman typhoon yang terjadi di Filipina, yang tidak mustahil dapat terjadi di Indonesia sehingga terjadi abrasi.

Semua yang didiskusikan di catat dalam Record of Discussion (ROD), dari situ para dirjen akan menindaklanjuti langkah konkrit dengan pihak Jepang. Bisa dengan tukar ilmu pengetahuan, teknologi, workshop, selain dengan PU juga dengan pihak Universitas atau para ahli lain untuk pengembangan masalah infrastruktur di Indonesia. (faisal/bu)

Foto ilustrasi

Terbaru

Suasana di sekitar lokasi serangan bom mobil di Mogadhshu. (reuters)
Senin, 20/02/2017 — 11:02 WIB
Bom Mobil Meledak di Mogadishu, 39 Orang Tewas
Kapolsek Limo didampingi Kepala Sekolah SMAN 9 (tengah) membentuk duta pelajar diwakili para OSIS siswa dalam mensosialisasikan halo polisi dan panic button Polresta Depok (angga)
Senin, 20/02/2017 — 10:32 WIB
Kapolsek Limo Angkat Duta Pelajar Hallo Polisi