Sunday, 18 November 2018

Ketua DPRD Kecewa Anggota Dewan Banyak Bolos

Kamis, 2 Januari 2014 — 17:38 WIB
ferial

GAMBIR (Pos Kota) – Ketua DPRD DKI Jakarta, Ferial Sofyan geleng-geleng kepala melihat banyaknya anggota dewan yang tidak masuk kerja pada awal tahun baru ini. Ia kecewa melihat hampir seluruh ruangan dari lantai satu sampai sepuluh tampak kosong, cuma ada segelintir orang yang datang.

Awalnya Ferial sudah curiga melihat suasana gedung DPRD di Jalan Kebon Sirih, Gambir, yang sepi dari lalu-lalang orang. Bahkan tempat parkir di lantai basemen maupun halaman depan, juga sepi dari mobil, sejak Kamis (2/1) pagi. Kemudian sekitar pukul 13.00, Ferial Sofyan memeriksa dari lantai ke lantai, dipergoki sejumlah wartawan.

Ia tidak mau berkomentar tentang banyaknya anggota dewan yang tidak datang ke kantor. Dari 96 anggota dewan, yang masuk kantor bisa dihitung dengan jari. Ia cuma tersenyum kecut sambil menggelengkan kepala meninggalkan wartawan.

Ketua Umum Koalisi Rakyat Pemerhati Jakarta Baru (KATAR), Sugiyanto, mengatakan anggota dewan ‘mangkir berjamaah’ sudah biasa. “Karena Badan Kehormatan Dewan (BKD) tidak mampu menegakkan aturan internal mereka,” ujar aktivis LSM perkotaan yang menyebut BKD seperti ‘macan ompong’.

Ia menggambarkan sejak dibentuknya BKD sekitar lima tahun lalu, tidak pernah ada anggota dewan yang kena sanksi. “Padahal, banyak pelanggaran yang dilakukan oknum, bukan cuma mangkir saja,” ujar Sugiyanto sambil menambahkan ada beberapa oknum yang malas kerja tapi tidak pernah ditindak.

“Ada oknum yang mau masuk kerja kalau ada rapat paripurna saja, selebihnya seenaknya sendiri,” tambah Sugiyanto yang mengusulkan agar gedung DPRD dilengkapi mesin absen yang canggih seperti di gedung dewan pusat.

Sebagai wakil rakyat, mestinya mereka itu bisa menjadi suri tauladan. “Misalnya rajin masuk kerja dan bekerja secara profesional. Kalau kerjanya malas-malasan, kasihan aspirasi rakyat bakal terbengkalai,” kata Sugiyanto. (joko/yo)

  • adebageur@ymail.com

    umumkan lewat mas media wakil2 pembolosjangan dipilih lagi !! juga blacklist partainya jika tdk mau memecatnya