Thursday, 19 September 2019

Kerukunan Beragama di Indonesia Jadi Contoh Negara Lain

Jumat, 3 Januari 2014 — 13:05 WIB
rukun-sub

JAKARTA (Pos Kota) – Kerukunan agama di Indonesia sudah menjadi model yang dicontoh negara lain. Karenanya jajaran Kementerian Agama (Kemenag) agar terus melakukan pembinaan kerukunan intern dan antar umat beragama.

Itu disampaikan Menteri Agama Suryadharma dalam sambutannya pada upacara hari lahirnya ke-68 Kemenag, atau dikenal
dengan nama Hari Amal Bakti (HAB) yang jatuh pada tanggal 3 Januari 2014, di Kantor Kemenag, Jakarta, Jumat pagi. Upacara di dihadiri Wakil Menag Nasaruddin Umar, Sekretaris Jenderal Bahrul Hayat, Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Abdul Djamil dan lainnya, termasuk seluruh pegawai Kemenag.

“Kemenag  telah melakukan langkah  strategis yakni, membudayakan kerukunan dengan pendekatan sosiologis dan kultural. Kita
patut bergembira dan bersyukur, karena kerukunan beragama di Indonesia menjadi contoh bagi negara lain,” papar Suryadharma.

Ia mengatakan kemerdekaan beragama tidak diragukan lagi yang merupakan prinsip dasar yang kita junjung tinggi, tetapi penodaan agama dan penyalahgunaan kebebasan beragama yuang tanpa batas tidak dapat dibenarkan dari segi hukum, konstitusi dan hak asasi manusia.

Suryadharma Ali mengingatkan melalui peringatan ke-68 HAB ini dengan tema “Mengabdi dengan profesionalitas dan amanah”, mari
kita tingkatkan profesional dan menjaga sikap amanah. “Tema ini hendaknya tidak hanya slogan tapi harus kita implementasikan di dunia nyata.

Peringatan ke-68 HAB ini juga dilaksanakan di seluruh Kantor Wilayah Kemenag se-Indonesia. Di Jakarta, peringatannya
dipimpin Kakanwil Kemenag Akhmad Murtadho, dan inspektur upacara juga Asisten Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Kependudukan Usmayadi yang mewakili Gubernur DKI Joko Widodo.

Akhmad Murtado dalam pesannya mengharapkan jajaran Kemenag DKI untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Selain itu, kita dituntut untuk menciptakan birokrasi yang bersih serta bekerja dengan jujur, cerdas dan ikhlas.

(johara/sir)

Teks Gbr-Kakanwil Kemenag Akhmad Murtadho bersama Asisten Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Kependudukan Usmayadi bersama para tokoh agama usai acara peringatan ke-68 HAB. (johara)