Friday, 20 September 2019

Berkas Perkara Dua Hakim Tipikor Semarang P-21

Rabu, 8 Januari 2014 — 18:51 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Berkas perkara tersangka kasus dugaan suap mobil di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang, Hakim Pragsono dan Asmadinata telah dilimpahkan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Jaksa KPK.

“Diinformasikan bahwa sudah dilaksanakan tahap 2 (P-21) atas nama tersangka Pragsono dan Asmadinata dalam kasus dugaan perkara suap kepada Hakim Pengadilan Tipikor,” ujar Juru Bicara KPK Johan Budi Sapto Prabowo melalui pesan singkatnya, Rabu (8/1).

Selanjutnya, kata Johan, kedua tersangka itu akan dititipkan ke Rumah Tahanan (Rutan) Kedung Pane, Semarang, sesuai tempat kejadian perkara. “Rencananya siang ini (Rabu) para tersangka akan dibawa ke Semarang,” imbuhnya.

Pragsono dan Asmadinata diduga menerima suap kala menangani perkara korupsi mengenai penyimpangan dana pemeliharaan mobil di DPRD Grobogan. Keduanya bersama Kartini Marpaung merupakan majelis hakim perkara korupsi dana anggaran pemeliharaan mobil dinas dengan nilai kerugian keuangan negara sebesar Rp1,9 miliar.

Atas perbuatannya, Pragsono dan Asmadinata dijerat Pasal 12 huruf c atau Pasal 6 ayat 2 atau Pasal 11 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Sedangkan Hakim Kartini telah divonis lebih dulu oleh majelis hakim karena terbukti menerima suap. (yulian/yo)