Saturday, 21 September 2019

Korban Melawan, Uang Rp240 Juta Gagal Dirampas

Kamis, 9 Januari 2014 — 20:11 WIB
jambret

SERANG (Pos Kota) – Aksi kejahatan terhadap nasabah bank kembali. Peristiwa kali ini dialami Fitriyah, 33, warga Ciwaru, Kelurahan Cipare, Kota Serang, Kamis (9/1). Hanya saja nasabah Bank Jabar Banten (BJB) berhasil menyelamatkan uang Rp 240 juta yang ditentengnya dengan kantong plastik. Satu pelaku bernama Indra, warga Palembang berhasil ditangkap dan babak belur dihajar massa.

Aksi penjambretan ini bermula saat Fitriyah yang merupakan pemilik toko bangunan ini mencairkan cek di Bank BJB di Jalan Veteran, Kota Serang. Dari Bank BJB, korban berniat mencairkan cek lainnya di Bank BNI yang jaraknya sekitar 300 meter dari Bank BJB. Karena dana dalam cek belum mencukupi, warga Kel. Cipare ini kemudian beristirahat di sebuah warung bakso yang berada di Jalan Maulana Yusuf, Kota Serang.

Saat Fitri hendak turun dari motor tiba-tiba pelaku dan merebut kantong plastik dan tas miliknya. Namun aksi dua penjambret itu gagal. Mereka mempercepat lajunya. Dengan reflek korban meneriaki para pelaku. Nahas menimpa para penjambret, alih-alih mempercepat laju kendaraan, kendaraan penjambret tersebut menyerempet seorang warga dan langsung mengejarnya. Karena terjatuh, satu pelaku berhasil ditangkap sedangkan rekannya berhasil kabur.

Fitriyah mengakui sejak keluar dari Bank BJB dirinya sudah merasa tidak nyaman. Lantaran adanya sejumlah orang yang membuntutinya. Keyakinan itu semaki kuat saat dirinya hendak beristirahat di sebuah warung bakso. Dua orang yang menggunakan sepeda motor Jupiter Z merebut tasnya.

“Memang dari awal kaya ada firasat kalau ada yang membuntuti, ternyata benar. Untung saya juga langsung sigap, mereka tidak berhasil mengambil uang saya,” jelasnya.

Kapolres Serang, AKBP Yudi Hermawan menjelaskan para pelaku penjambretan lebih banyak berasal dari Kelompok Sumatra yang dengan nekat melakukan aksinya pada siang hari. Ia meminta agar masyarakat  waspada terhadap para pelaku tindak kejahatan. “Benar, kami menangkap satu pelaku, satu lainnya kabur. Untuk masyarakat harus selalu waspada jika membawa uang banyak,” jelasnya. (haryono/yo)

  • Idhu Geni

    wuahhhh….hebat juga lu Fitriyah…..ciamiiikk pemberani dan waspada..dua jempol tanganku utkmu…salam.