Friday, 16 November 2018

Penyakit ISPA Gerogoti Warga Cibinong

Kamis, 9 Januari 2014 — 18:39 WIB
ispa1

BOGOR (Pos Kota) – Penderita inspeksi saluran pernafasan akut  (ISPA) menggerogoti warga Kecamatan Cibinong sepanjang 2013 lalu. Data Puskesmas Cibinong mencatat 12.273 penderita ISPA. Dari jumlah itu yang terbanyak dialami usia antara 10-70 tahun.

Dari jumlah tersebut, 9.637 jiwa  di antaranya diderita mereka yang berusia antara 10-70 tahun. Sedangkan berusia antara 0 hari sampai 5 tahun sebanyak 2.636 jiwa. “Sementara selama sepekan terakhir ini sudah tercatat 27 orang yang terserang ISPA,” ungkap  Kepala Puskesmas Cibinong dr Anis, Kamis (9/1).

Menurutnya,  ISPA  menyerang  manusia diakibatkan virus yang berasal dari udara, asap rokok, udara dingin dan daya tahan tubuh yang menurun akibat perubahan cuaca.  Kemunculannya, ditandai dengan mata merah, batuk dan gatal-gatal. Kebanyakan penyakit ini diderita  mereka yang tinggal di lingkungan sekitar pabrik banyak menghirup udara kotor dan tempat penampungan atau pengolahan sampah.

Penanganggulangannya, bisa dilakukan dengan menghirup banyak udara bersih melalui bantuan oksigen maupun menutup hidung dengan masker. ‘Sedangkan kami hanya sebatas memberi penyuluhan, termasuk sosialisaai pola hidup sehat. Di antaranya menganjurkan asupan gizi, pemberian vitamin, menjaga kebersihan dan lingkungan,” terangnya.

Adi Sudiarta, warga Kelurahan Ciriung yang berobat ke Puskesmas Cibinong mengaku  sering mengalami batuk berkepanjangan. “Sudah dua hari ini, batuk diselingi dengan gatal-gatal di tenggorokan sreta mata merah. Setelah berobata katanya saya terkena gejlaan penyakit iSPa,’ ujaranya.

Selain dia, anaknya juga mengalami gejala serupa. “Bahkan beberapa tetangga mengalami gejala sama. Mungkin lantaran  kami tinggal di dekat kawasan industri sehingga terkena ISPA,”ucapnya. (iwan/yo)