Monday, 11 December 2017

Senang, Pensiunan Diundur Jadi 60 Tahun

Jumat, 10 Januari 2014 — 16:19 WIB
Korpri

BOGOR (Pos Kota) – Menyusul diberlakukannya UU Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menyebutkan masa pensiun PNS menjadi 60 tahun, membuat  41 pejabat diingkungan Pemkab Bogor batal pensiun pada 2014. Mereka yang diperpanjang masa pensiun meyambut suka cita regulasi ini

Seperti dilntrakan Sekretrais Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM) Kabupaten Bogor Ridwan Syamsudin. “Aturan baru ini memungkinkan saya mengabdi lebih lama lagi. Meski saya sudah menjadi PNS lebih dari 36 tahun, tapi saya masih belum banyak berbuat bagi masyarakat Kabupaten Bogor,” katanya, Jumat (10/1).

Berdasarkan UU  ASN, Ridwan seharusnya pensiun pada Desember mendatang sebab usianya  genap 58 tahun. “Secara fisik mungkin menurun, tapi ide dan pikiran saya bisa bersaing dengan PNS  yang usianya lebih mudah. Keungguan saya,  pengalaman,” ucapnya.

Sedangkan Kepala Kantor Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (KLPBJ) Kabupaten Bogor Hendrik Suherman, menanggapi dengan enteng.

“Semestinya empat tahun lagi  pensiun, saya pikir sudah habis karier sebagai PNS. Alhamdulillah,  adanya aturan baru, peluang berkarier meraih posisi lebih tinggi kini terbuka. Saat ini saya 54 tahun, artinya masih enam tahun lagi saya mengabdi,” ujarnya.

Terpisah  Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bogor Aty Guniawarty mengatakan, dari 41 pejabat yang seharusnya pensiun tahun ini, di antaranya 13 orang masing-masing dari eselon II B dan III A serta 15 lainnya dari eselon III B.

“Adanya UU ASN ini 14 PNS itu batal pensiun,” ujarnya seraya menyebutkan berdasarkan  UU itu, pejabat  eselon III diperpanjang masa pensiunnya menjadi 60 tahun sedangkan eseolon II bisa mencapai 58 tahun. (iwan/d)