Wednesday, 21 November 2018

Dangkal, Warga Minta Saluran PHB Dikeruk Pemkot

Minggu, 12 Januari 2014 — 14:48 WIB
tarta-sub

KALIDERES (Pos Kota) – Warga RW 013 Kelurahan Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar) mendesak Pemko Jakarta Barat (Jakbar) mengeruk saluran penghubung(PHB) di belakang Masjid Annaniyah. Alasannya kondisinya sudah dangkal dan penuh endapan lumpur sehingga rawan menimbulkan genangan saat hujan.

Ketua RW 013, Slamet mengatakan saluran PHB di belakang Masjid Annaniyah tersebut menghubungan aliran air dari wilayah Benda, Kamal dan Tegal Alur. Kondisinya sudah dangkal dengan endapan lumpur, sehingga mengganggu aliran air.

“Kami khawatir dan was-was kalau hujan turun dengan deras menimbulkan genangan karena meluap, akibat tidak mampu menampung air. Untuk itu kami berharap pihak terkait segera mengeruknya,” jelas Slamet, Minggu (12/1) saat kerja bakti membersihkan saluran PHB tersebut yang dimonitor langsung Lurah Tegal Alur, Anik Sulastri.

Dikatakan, warga sudah berusaha untuk mengeruk dengan melakukan kerja bakti, namun karena volume endapan lumpurnya yang banyak dan kondisi saluran yang lebarnya sekitar 2 meteran dan panjang sekitar 1 kilometeran, maka warga tidak mampu. “Diharapkan pengerukannya dengan alat berat, kalau manual tidak mampu,” ujarnya.

Lurah Tegal Alur, Anik Sulastri menambahkan pihaknya sudah menghimbau dan mengajak warga untuk terus peduli lingkungan dengan melakukan kerja bakti. Namun, karena kondisi saluran yang lebar dan panjang serta penuh lumpur, maka upaya warga tidak optimal. “Kami juga sudah mengirimkan surat ke Sudin PU Tata Air agar dilakukan pengurasan dengan menggunakan alat berat,” jelasnya.

(tarta/sir)

Teks Gbr- Warga RW 013 tengah kerja bakti membersihkan dan mengeruk saluran PHB dimonitor langsung Lurah Tegal Alur, Anik Sulastri. (tarta)