Sunday, 15 September 2019

Old Trafford Kini Angker Lagi

Minggu, 12 Januari 2014 — 6:19 WIB
valgol121

MANCHESTER (Pos Kota) – Manchester United (MU) berhasil mengembalikan keangkeran Old Trafford terhadap tim lawan di ajang Liga Primer Inggris, Minggu (12/1) dinihari WIB tadi. Hal itu dibuktikan tim berjuluk Setan Merah dengan menekuk Swansea City 2-0 sekaligus membayar lunas kekalahan mereka 1-2 dari tim yang sama di ajang Piala FA, akhir pekan lalu.

Kemenangan itu kian mendekatkan MU ke zona Eropa. Dari 21 laga yang sudah dilakoni, Setan Merah mengumpulkan 37 poin di urutan ketujuh. Pasukan David Moyes itu terpaut tiga angka dari batas akhir zona Eropa, hunian Everton yang pada laga sebelumnya juga memetik kemenangan 2-0 atas tuan rumah Norwich City di hari yang sama. Sedangkan Swansea masih tertahan di pepan tengah dengan 21 poin.

Swansea yang sebelumnya berhasil menyingkirkan MU 2-1 pada babak 32 besar Piala FA, sebenarnya sempat membuat tuan rumah kesulitan. Sejumlah serangan yang dibangun skuad Moyes mampu dibendung oleh barisan lini tengah tim tamu. Sayang, situasi permainan Swansea mengendur setelah pelatih Swansea, Michael Laudrup terpaksa menarik keluar Jose Canas, akibat cedera dan digantikan Chico pada menit ke-17.

Hal itu kian memudahkan MU terus melancarkan serangan sehingga memaksa para pemain Swansea cenderung bermain keras. Beruntung, Swansea masih mampu menjaga kedudukan imbang tanpa gol hingga turun minum. Namun malapetaka bagi tim tamu, akhirnya terjadi saat babak kedua baru berjalan tiga menit. Adalah Luis Antonio Valencia yang sukses memecah kebuntuan tuan rumah setelah memanfaatkan bola muntah hasil tandukan Shinji Kagawa. MU pun unggul 1-0.

Merasa belum puas, MU terus menggempur pertahananan Swansea dan kembali berhasil menjebol gawang Gerhard Tremmel yang kali ini lewat aksi Danny Welbeck pada menit ke-59. Memanfaatkan umpan dari Patrice Evra, sontekan Welbeck tidak mampu diantisipasi oleh Tremmel. Setan Merah pun menjauh menjadi 2-0. Namun sejak saat itu, MU tak mampu mencetak gol untuk menambah keunggulan. Begitu juga dengan Swansea yang berusaha mengejar ketinggalan.

Hasilnya, skor 2-0 untuk keunggulan tuan rumah, bertahan hingga laga bubaran. Pada laga sebelumnya di hari yang sama, Hull City takluk 0-2 dari Chelsea, Cardiff City menyerah 0-2 dari West Ham United, Fulham kalah 1-4 dari Sunderland, Southampton menang tipis 1-0 atas West Bromwich Albion, dan Tottenham Hotspur lipat Crystal Palace 2-0. Selanjutnya, Newcastle United akan menjamu Manchester City dan Liverpool sambangi Stoke City, Minggu (12/1) malam WIB nanti. (junius)

Teks : Luis Antonio Valencia (kanan) berhasil ciptakan gol pertama Mu ke gawang Swansea (reuters)