Sunday, 18 November 2018

Jadi Pemain Terbaik 2013, Ronaldo Nangis

Selasa, 14 Januari 2014 — 2:58 WIB
Portugal's Cristiano Ronaldo reacts beside his son Cristiano Ronaldo Jr and Pele after being awarded the FIFA Ballon d'Or 2013 in Zurich

SWISS – Bintang Real Madrid,   Cristiano Ronaldo, menyabet penghargaan sebagai Pemain Terbaik 2013 pilihan FIFA. Dalam gala Golden Ball yang digelar di Zurich, Swiss, itu, ia mengalahkan pemain Barcelona, Lionel Messi, dan pemain Bayern Munchen, Franck Ribery.

Ronaldo mendapat 27,99 persen suara mengalahkan Messi yang mendapat 24,72 persen suara dan Ribery yang memperoleh 23,26 persen suara. Ditemani putranya, ia menerima penghargaan itu dari legenda sepakbola Brasil, Pele.

Saat memberi sambutan usai kemenangannya, Ronaldo  meneteskan air mata. “Saya kehilangan kata-kata untuk menggambarkan momen ini karena sangat bahagia,” ujarnya.  “Saya sampaikan terima kasih untuk teman-teman di Real Madrid dan Portugal.”

Pengharaan individu bergengsi itu diraih Ronaldo untuk kedua kali setelah 2008 saat berseragam Manchester United. Sebelumnya, ia tiga kali menjadi finalis penghargaan itu.

Kemenangan ini juga  menggagalkan Messi menjadi Pemain Terbaik Dunia lima kali berturut-turut. Bintang Argentina itu mememangkan penghargaan serupa selama empat tahun, yakni pada 2009 hingga 2012. Sejauh ini, baru Messi yang bisa memenangkannya empat kali berturut-turut.

Sementara itu, Ribery sebelumnya telah memenangkan penghargaan sebagai Pemain Terbaik Eropa pilihan UEFA karena telah memenangkan lima gelar bersama klubnya, di antaranya Bundesliga, Piala Champions, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antar Klub. Sederet prestasi itu kalah dari Ronaldo yang mencetak 69 gol. (yp)