Wednesday, 24 April 2019

Pengobatan Hydrocephalus Relatif Mahal

Selasa, 14 Januari 2014 — 10:32 WIB
halmahal141

JAKARTA (Pos Kota)- Setelah lebih dari 14 tahun membantu anak-anak penderita hydrocephalus, desainer kebaya terkenal Anne Avantie akhirnya mendirikan Wisma Kasih Bunda di Semarang, Jawa Tengah. Namanya Wisma Kasih Bunda yang berlokasi di kecamatan Tanggung Kota Semarang.

Menurut Anne ini adalah rumah pertama bagi anak-anak hydrocephalus yang dibangun. Rencananya kedepan rumah serupa akan dibangun di kota-kota lain agar mempermudah anak-anak hydrocephalus mendapatkan bantuan pengobatan.

Hingga kini, jumlah anak yang sudah dibantu Anne sekitar 950 anak. Sebagian ada yang bisa disembuhkan tetapi ada pula yang tidak. Mereka berasal dari berbagai wilayah seperti Nias, Papua, Kalimantan, Poso dan sebagainya dengan latar belakang suku, ras, agama yang beragam.

Hydrocephalus adalah penyakit menumpuknya suatu cairan di dalam otak. Cairan serebrospinal umumnya mengalir di dalam ventrikel (rongga otak) dan ‘membasahi’ otak dan tulang belakang. Cairan yang berlebihan tersebut dapat menekan otak bayi dan menyebabkan kerusakan, gangguan fisik dan mental.Secara kasat mata penderita tampak kepalanya membesar.

Pengobatan untuk hydrocephalus tergolong mahal sekitar Rp 25 juta sekali operasi penyedotan cairan. Itu sebabnya tak banyak penderita hydrocephalus yang bisa diobati akibat keterbatasan ekonomi orangtua.

Selain membantu pengobatan penderita hidrocepalus, Anne juga membantu anak-anak penderita atresia ani (tidak memiliki dubur), bibir sumbing, leukimia dan berbagai penyakit lainnya.
(inung)