Saturday, 22 September 2018

Ahok Klaim Penanganan Banjir di Jakarta Sudah Mulai Menuai Hasil

Rabu, 15 Januari 2014 — 8:20 WIB
jirthamrin151

JAKARTA (Pos Kota) – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama menilai pengananan banjir di Jakarta sudah menuai hasil. Hal tersebut dibuktian dari sejum,lah titik banjir yang menjadi langganan.

Seperti kawasan Jalan Sudirman-Thamrin. Bila musim hujan, kawasan tersebut selalu terendam banjir hingga 1 meter. Begitu pula kawasan Jakarta Utara yang tidak pernah luput dari banjjir. Hal tersebut karena sudah berfungsinya Waduk Pluit.

“Kalau kita ngomong jujur, banjir kali ini dibanding Januari tahun lalu, ini lebih kecil. Lihat saja daerah utara, seperti Cilincing, hampir semua daerah utara tidak terkena banjir karena Waduk Pluit bekerja dengan baik,” ujar Basuki Basuki .

Ia menguraikan, sistem penanganan banjir yang dilaksanakan oleh Pemprov DKI bekerja secara baik. “Nah masalah barat kena, karena Pesanggrahan kita memang belum beres. Itu masalahnya kita enggak berani tindak tegas. Ini kan tahun terakhir. Makanya selama pompa-pompa kita ini beres dan waduk kita turunkan ke bawah, semua oke,” kata Basuki.

Dikatakan Basuki, wilayah Jakarta Utara saat ini sudah bebas dari banjir berkat pembersihan saluran. Kondisi kawasan Sudirman-Thamrin yang kering juga berkat normalisasi Waduk Pluit. “Ingat nggak dulu hujan sedikit Sudirman-Thamrin tergenang, termasuk utara, Pluit semua tergenang. Kenapa Sudirman-Thamrin beres? Karena Waduk Pluit mulai beres,” ucapnya.

Ditambahkan Basuki, jebolnya tanggul Kali Laya di Depok juga menjadi penyebab sejumlah wilayah Jakarta yang tidak menjadi langganan banjir, saat ini ikut kebanjiran. “Ada di Cibubur dulu nggak kena, sekarang kena. Itu akibat jebolnya Tanggul Kali Laya,” tandasnya.

Menurut Basuki, pihaknya bersama Gubernur Jokowi akan serius menanganai masalah banjir tahun 2014 mendatang. “Tapi, bagaimana mau cepat, anggaran saja belum diketok dewan,”tandasnya. (john)

Teks : Banjir yang menggenangi Jalan Thamrin Jakarta Pusat tahun lalu untuk banjir Senin (13/1) tidak terjadi lagi

  • guntur

    betul betul betul bravo jokohok

  • rendymarlina

    Klu bgitu KETOK aja satu2 kepla DEWAN nya pa ahok,,,,biar benjol krn ga mendukung kbjkan yg benar…