Tuesday, 26 March 2019

Pajak Untuk Pemprov DKI

Restoran, Hotel dan Hiburan Sumbang Rp 3,1 Triliun

Sabtu, 18 Januari 2014 — 8:32 WIB
jaktrilui181

JAKARTA (Pos Kota) – Tiga jenis pajak mampu menyumbang ke kas daerah Pemprov DKI Rp3,1 triliun. Perolehan cukup besar ini ditunjang dari aneka kegiatan wisata seperti pesta rakyat dan festival lainnya yang digelar di Jakarta.

Kepala Dinas Pelayanan Pajak (DPP) DKI Jakarta, Iwan Setiawandi, mengatakan untuk tahun 2014 target perolehan dari tiga jenis pajak seperti pajak restoran, pajak hotel, dan pajak hiburan Rp3,9 triliiun.

“Kami optimis perolehan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor tiga pajak itu bisa terlampau,” ucap Iwan, Jumat (17/1). “Apalagi instansi terkait di Jakarta sering ada ada kegiatan festival.”

Rincian pendapatan pajak restoran Rp2 triliun, pajak hotel Rp1,4 triliun dan pajak hiburan Rp500 miliar. “Tiga jenis pajak di bidang pariwisata ini memang menjadi penunjang PAD,” sambung Iwan.
TARGET NAIK

Pada bagian lain Iwan menjelaskan secara keseluruhan target pajak tahun 2014 ini naik. Pada 2014 ini target penerimaan pajak dipatok Rp 32,5 triliun. Jumlah ini cukup tinggi dibandingkan dengan target penerimaan pajak daerah pada 2013 yang hanya Rp 22,61 triliun.

Iwan menyebut target penerimaan pajak daerah lainnya didapatkan dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Rp5,15 triliun, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Rp6,4 triliun, Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) Rp1,2 triliun dan Pajak Air Tanah Rp120 miliar, serta pajak lainnya. (john/st)

  • mamby

    penerimaan pajak dizaman Foke kok kecil ya,tp penerimaan pejabatnya pada melebihi target. sekarang ketahuan yg bego,culas dan membodohi rakyat