Sunday, 18 November 2018

Santap Hidangan Maulid, 60 Orang Keracunan

Sabtu, 18 Januari 2014 — 17:10 WIB
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

BOGOR (Pos Kota) – Memakan hidangan yang disajikan dalam perayaan Maulid, 60 warga Dramaga Kabupaten Bogor keracunan, Jumat (17/1) malam. Mereka ditolong ke klinik dan rumah sakit karena mengalami mual, muntah, diare serta panas tinggi dan demam.

Puluhan warga Kampung Nanggela RT 04/07, Desa Sukadamai, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor ini, keracunan usai makan makanan yang disediakan panitia kenduri Maulud Nabi yang disediakan panitia, Kamis (16/1) sore.

Petugas Polsek Dramaga yang mendapat laporan, segera mendatangi rumah milik seorang warga yang dijadikan pusat kenduri. Menurut informasi, gejala keracunan sudah dirasakan warga pada Juma’at (17/1) sore.

“Acara kenduri Maulid di rumah Pak Iyong sudah berlangsung hari Kamis (16/1). Warga baru merasakan keracunan hari berikutnya,” kata Kanit Reskrim Polsek Dramaga, Iptu Asep Saprudin, Sabtu (18/1) siang.

Diungkapkan, keracunan yang dialami puluhan warga ini, saat menyantap nasi bungkus yang dibawa dari menghadiri acara Maulid Nabi. Nasi kotak ini berisi tumis kacang, opor ayam dan acar mentimun kuning. “Guna penyelidikan, sampel makanan nasi kotak, kami bawa ke laboratorium,” papar kanit.

Asep, satu korban mengaku, sekitar sepuluh jam dari menyantap nasi kotak yang dibawa dari acara, ia merasa pusing dan muntah. “Yang ringan dibawa ke Puskesmas. Kalau yang sudah parah, dilarikan ke Rumah SakitĀ  Medika Dramaga,” ujarnya. (yopi/yo)