Tuesday, 20 November 2018

Demi Prestasi di Asian Games, PB ISSI Ganti Sekjen

Sabtu, 25 Januari 2014 — 15:48 WIB
juni-sub

JAKARTA (Pos Kota) – Sukses menjadi juara umum pada cabang olahraga balap sepeda di SEA Games 2013 di Naypyitaw, Myanmar beberapa waktu lalu, rupanya tidak membuat Sofyan Ruzian mendapat kepercayaan untuk tetap menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PB ISSI. Alih-alih ingin adanya peningkatan prestasi jelang Asian Games 2014 mendatang, posisi Sofyan yang seharusnya baru akan berakhir pada 2016, lantas dicopot.

Hal itu dibenarkan Ketua Umum PB ISSI Edmound JT Simorangkir di Jakarta, Jumat (24/1) kemarin. Menurutnya, pencopotan tersebut didasari lewat Surat Keputusan PB ISSI Nomor 005/SK/PB ISSI/01/2014 tertanggal 23 Januari. “Kami  ingin kinerja PB ISSI ke depan lebih baik. Untuk itu, perlu mekanisme organisasi yang lebih efektif dan kita membutuhkan perubahan demi meningkatkan prestasi,” kata Edmound terkait pencopotan Sofyan sebagai Sekjen PB ISSI.

Sofyan yang merupakan Sekjen PB ISSI periode 2012-2016 dicopot dari jabatannya berdasarkan Surat Keputusan PB ISSI Nomor 005/SK/PB ISSI/01/2014 tertanggal 23 Januari. Edmound juga menambahkan bahwa pencopotan Sofyan merupakan bagian dari tuntutan pelatih dan atlet yang menginginkan perubahan. Sebagai penggantinya, ia menunjuk mantan atlet, Inge Inkiriwang. “Yang jelas, kami ingin semuanya lebih baik dan bisa berlari cepat,” sambung petinggi BP Migas itu.

Pergantian ini sebenarnya cukup mengejutkan, mengingat pelaksanaan Rapat Kerja Nasional PB ISSI yang rencananya akan digelar di Wisma PKBI Jakarta, Sabtu (25/1) besok. Saat ini, sudah ada 19 dari 30 pengurus provinsi yang tiba di Jakarta. Jumlah ini masih akan bertambah setelah beberapa perwakilan lainnya masih dalam perjalanan. Namun Edmound justru akan menggelar rakernas yang sama di Hotel Dwangsa Jakarta dengan agenda utama melakukan evaluasi kegiatan selama satu tahun dan membahas program kerja ke depan.

Sebelumnya, balap sepeda berhasil memberikan prestasi yang membanggakan pada ajang SEA Games 2013 di Myanmar, Desember lalu. Saat itu, Robin Manulang dan kawan-kawan berhasil menjadi juara umum dengan menyumbang lima medali emas, empat perak, dan tiga perunggu untuk Merah-Putih. Dengan hasil bagus di SEA Games 2013 Myanmar, PB ISSI pun menargetkan atletnya bisa mempersembahkan medali emas di Asian Games di Incheon, Korea Selatan, 18 September hingga 4 Oktober mendatang.

(junius/sir)

Teks Gbr- Salah satu momen latihan atlet nasional balap sepeda Indonesia di daerah Subang Jawa Barat, beberapa waktu lalu.