Saturday, 24 February 2018

IMB Online Diluncurkan, Calo Akan Mati Kutu

Kamis, 30 Januari 2014 — 18:05 WIB
calokutu301

TANAHABANG (Pos Kota) – Oknum calo perizinan bakal mati kutu setelah Dinas P2B DKI Jakarta meluncurkan IMB Online. Izin mendirikan bangunan ini bisa diurus melalui internet, sehingga pemohon dapat melakukan di mana saja dan tidak akan tertipu oleh calo yang sering mengobral janji kepada calon mangsa.

“Para calo akan mati kutu. IMB Online ini mulai berlaku 1 Februari, namun secara resmi akan diluncurkan Bapak Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta dalam beberapa hari ini,” ujar Kepala Dinas P2B DKI, I Putu Ngurah Indiana di kantor Dinas Teknis Jatibaru, Tanahabang, Kamis (30/1).

“Prosesnya jauh lebih mudah dan cepat,” tambahnya di sela pelatihan komputer IMB Online bagi petugas P2B.

Terobosan baru yang digagas jajaran Dinas P2B untuk mengikuti perkembangan teknologi informatika yang akan mempersempit ruang gerak calo. “Sistem ini diperkirakan dapat mereduksi sekitar 50 persen dibandingkan proses manual,” ujar Putu didampingi Sekretaris Agus Supriyono dan segenap pejabat P2B.

Pemohon juga bisa memonitor sejauhmana proses perizinannya. Melalui sistem ini tidak ada proses yang mengendap, karena akan ada ‘warning’ pada sistem sehingga akan ketahuan siapa yang berusaha mempersulit pemohon.

Jajaran Dinas P2B tiap tahunnya menerbitkan sekitar 12 ribu IMB untuk pemohon se-DKI. “Dengan cara yang lebih praktis ini kemungkinan jumlah pemohon meningkat dan biayanya sesuai tarif retribusi yakni sebesar Rp 1.250 per M2,” jelas Putu sambil menambahkan retribusi bangunan tahun 2013 sebesar Rp 202 miliar.

Masyarakat yang mau mengurus IMB secara online silakan membuka website http:dppb.jakarta.go.id kapan pun dan di manapun. “Setelah membuka website tadi, ada panduan yang mudah diikuti seperti menggunakan mesin ATM bank,” kata Putu yang masih menunggu kesiapan Gubernur Jokowi untuk launching IMB Online.

Sekretaris Dinas P2B DKI Jakarta, Agus Supriyono menambahkan untuk mendukung sistem ini, ratusan petugas telah dilatih cara melayani permohonan lewat internet. “Sekitar 200 petugas terdiri dari para kepala seksi tingkat kecamatan, sudin, maupun dinas mengikuti pelatihan ini,” papar Agus. (Joko)

Teks : Kadis P2B DKI Jakarta I Putu Ngurah Indiana (paling kiri) saat memperkenalkan IMB Online. (Joko)

  • aa

    Memang top nih skr pemda dki