Sunday, 23 September 2018

Kapal Bawa Ratusan Peti Kemas Tenggelam di Tanjung Perak

Jumat, 31 Januari 2014 — 19:34 WIB
peraklam311

JAKARTA (Pos Kota) – KM Tanto Hari muatan ratusan container atau petikemas tenggelam di buoy 10 atau alur timur Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jumat pagi.

Kapal berbobot 5931 gros ton dengan ukuran panjan 18 meter dan lebar 20 meter ini sebelum tenggelam menabrak haluan kapal tanker ,beruntung 22 anak buah kapal dapat diselmatkan.

Namun ratusan kontainer muatan kapal yang tenggelam mengapung di perairan Surabaya barat dan hanyut hingga ke Gresik.

Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Bobby R Mamahit ketika dihubungi Jumat siang membenarkan peristiwa tersebut dan tim tengah menyelidiki penyebab sebenarnya.

Menurut dirjen, berdasarkan laporan sementata dari kantor Syahbandar Tanjung Perak bahwa kapal dari Ambon masuk melalui Karang Jamuang tanpa pandu laut alias charli.

Lalu sampai di bouy 10 kapal menunggu pandu bandar No 68. Dikarenakan arus kuat dan ketinggian ombak hingga 6 meter mendorong kapal hingga menubruk haluan kapal KM MT Serius yang sedang berlabuh jangkar hingga lambung kiri KM Tento tengah sobek dan air mulai masuk dan haluan kapal tanker rusak parah.

Kurang lebih setengah jam dari kejadian kapal langsung tenggelam pukul 09.45 WIB. Tidak ada korban jiwa. Sedangkn Crew kapal telah di evakuasi oleh kapal tunda pelindo Ansanus dan posisi kapal sudah dilabuhkan di dalam alur pelabuhan.

Bobby sudah memerintahkan penanganan secepatnya agar dipasang oil boom untuk pencegahan minyak kapal tercemar ke laut. “Saat ini crew kapal dan nahkoda sudah di syahbandar untuk BAP,” kata Dirjen.

Tenggelamnya kapal bermuayan petikemas ini merupakan yang ketiga kalinya dalam kecelakaan terbesar dalam awal tahun ini, setelah sebelumnya dua kapal Roro tenggelam di Pelabuhan Tanjung Priok dan hingga kini dari sembilan penumpang baru satu yang ditemukan sudah menjadi mayat. (Dwi)