Thursday, 15 November 2018

Toko Dibobol, 8 Kg Emas Senilai Rp2 Miliar Digasak

Kamis, 6 Februari 2014 — 14:35 WIB
toko emas1

DEPOK (Pos Kota) – Toko Emas ‘Rizky’ di Pasar Stasiun Bojong Gede, Kabupaten Bogor, dibobol kawanan maling, Kamis (6/2) dinihari. Pelaku menggasak 2 kg emas murni senilai Rp2 miliar yang tersimpan dalam brankas dengan cara merusaknya.

Peristiwa ini menggemparkan seluruh pemilik toko yang ada di tempat itu. Pasalnya toko emas tersebut letaknya ada di dalam Stasiun KA Bojong Gede yang sering dilalui orang, meski stasiun sudah tutup. Tanpa rasa takut, pelaku membobol toko emas milik Afrizal, 42, tersebut.

“Saya dikabari tetangga sekitar pukul 08:00, bahwa toko emas milik saya dibobol pencuri. Saat langsung ke sini, dan benar toko itu sudah dibobol,” ujar Afrizal.

Diceritakan Afrizal, warga curiga karena melihat rolling door utama terbuka setengah. Selain itu, tiga gembok yang digunakan untuk mengunci rolling door juga dirusak. “Tiga gembok yang terpasang di rolling door sudah tidak ada. Diperkirakan dibawa pelaku,” katanya.

Afrizal mengatakan, pihaknya mengalami kerugian sebanyak 8 Kg emas muda dengan total 2 Kg emas murni yang disimpan dalam brankas bernilai total Rp2 miliar.

“Brankas yang tadi dalam posisi berdiri, saat kejadian sudah terjatuh ke lantai. Pelaku merusak brankas dengan cara mencongkel dengan linggis sekaligus mengambil isinya berupa emas 2 Kg,” papar warga Pancoran Mas, Depok, yang sudah membuka toko emas miliknya selama setahun ini.

Toko emas tersebut diakuinya belum dipasang alat perekam CCTV. Namun demikian untuk keamanan wilayah pasar sudah dijaga oleh hansip. “Sudah ada tiga hansip yang menjaga secara aplusan selama 24 jam. Tapi tidak tahu kenapa yang kena sialnya toko saya kecurian,” ujarnya.

Kapolsek Bojong Gede, Kompol Ganet Sukoco mengatakan, saat melakukan olah TKP, petugas menemukan obeng yang diduga dipergunakan pelaku untuk mencongkel gembok. “Tiga orang saksi sudah kita mintai keterangan, kerugian selain emas 8 kg emas muda kadar 15 karat dengan total emas murni sebanyak 2 kg senilai Rp2 milliar, juga uang tunai Rp12 juta dalam brankas yang digasak pelaku,” tandasnya.

Ia mengimbau pemilik toko emas untuk memasang CCTV sebagai antisipasi hal yang tidak diinginkan.(angga/yo)

Teks foto: Afrizal pemilik toko emas menunjukkan brankas yang dibobol pencuri. (angga)