Sunday, 18 August 2019

Jalan Thamrin Ditutup, Arus Lalulintas Macet

Jumat, 7 Februari 2014 — 8:16 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota)- Akibat adanya rencana penutupan Jalan MH Thamrin, Jakpus dari pukul 10.00 hingga pukul 12,00, sejumlah arus lalulintas macet, seperti Jalan Sudirman, Jalan Imam Bonjol termasuk Jalan Tanah Abang Dua. Penutupan itu sendiri berubah dari rencana semula sejak pukul 07.00 hingga pukul 12.00.

Penutupan sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Bundaran HI karena akan digunakan untuk kegiatan persiapan pengamanan gelaran Pemilu 2014 yang dilaksanakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bekerjasama dengan aparat kepolisian.

“Latihan Pengamanan Bawaslu dan Sispam Kota Pemilihan Umum 2014 di tingkat Polda Metro Jaya pada hari Jumat, 7 Februari 2014 di sekitaran gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jalan M.H. Thamrin No.14.Jakarta, maka akan dilakukan penutupan arus lalu lintas sementara di sekitaran Bundaran HI sampai depan Kedutaan Besar Jepang,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto.

“Untuk mendukung kelancaran kegiatan pelatihan pengamanan dan menghindari kepadatan lalu lintas, maka bagi pengguna jalan yang akan melintasi jalan Jend. Sudirman-Jalan M.H. Thamrin disarankan berangkat lebih awal,” katanya.

Pengalihan lalu lintas di ruas jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin, lanjutnya, dilakukan situasional atau sesuasi kondisi peningkatan volume kendaraan. Selain akan dilakukan pengaturan lalu lintas, petugas akan memasang sarana dan prasarana seperti rambu-rambu dan kelengkapan petunjuk di ruas jalan tersebut sebelum acara dimulai.

Simulasi pengamanan Pemilu 2014 itu sendiri dilakukan seperti kejadian sebenarnya. Akan ada ribuan pengunjukrasa yang tidak ouas terhadap hasil pemilu lalu terjadi chaos. (Yahya)

Teks : Suasana di depan Kantor Bawaslu di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat (tmc)