Wednesday, 23 May 2018

Hadapi Tottenham Hotspur, Everton Lebih Tertekan

Minggu, 9 Februari 2014 — 8:09 WIB
everton92

Tottenham Hotspur vs Everton
Minggu (9/2), 20:30 WIB
White Hart Lane

LONDON (Pos Kota) – Dari ketatnya persaingan dalam perburuan trofi di pentas Liga Primer Inggris, Tottenham Hotspur dan Everton, layak disebut sebagai tim kuda hitam seiring kualitas mereka yang kerap menyulitkan tim-tim favorit. Kedua tim bakal ini bakal saling tikam di White Hart Lane, Minggu (9/2) malam WIB.

Kedua tim ini sama-sama tengah menuju fase kebangkitan pasca menelan kekalahan telak, akhir Januari lalu. Everton yang takluk 0-4 dari Liverpool di partai derby, sukses mengalahkan Aston Villa 2-1, akhir pekan kemarin. Begitu juga dengan Tottenham. Pasca menyerah 1-5 dari Manchester City, skuad Tim Sherwood itu menahan tuan rumah Hull City 1-1.

Meski hanya mampu mencuri satu angka namun setidaknya, pasukan Sherwood sudah menunjukkan tanda-tanda kebangkitan. Kemenangan bahkan bisa dipetik Spurs jika mereka mampu memanfaatkan dukungan lebih di depan pendukung sendiri pada laga nanti. Alasan itulah yang membuat pelatih Everton, Roberto Martinez enggan meremehkan Spurs saat timnya menyambangi White Hart Lane. “Di bawah asuhan Tim Sherwood, Spurs mulai berkembang,” kata Martinez.

“Tentu Spurs menjadi salah satu tim yang berbahaya. Apalagi kami belum melihat gambaran terbaik dan itu adalah hal yang kami harap bisa kami hentikan. Orang-orang lupa betapa kuat skuad Spurs dan Anda tahu jika tim ini sudah nyetel maka mereka bisa bermain dengan sangat baik. Kami tidak boleh membiarkan mereka menikmati gaya permainan mereka. Ini adalah periode pembelajaran bagi semuanya,” lanjut Martinez seperti dikutip Sky Sport.

LEBIH TERTEKAN
Jika bicara soal posisi di tangga klasemen, Everton sepertinya tampil lebih tertekan ketimbang Spurs yang bisa bermain lepas. Saat ini Everton berada di urutan kelima, atau batas akhir zona Eropa dengan 45 poin.

Sebaliknya, Spurs yang berada satu tingkat di bawahnya dengan 44 poin, unggul empat angka dari Manchester United di tangga ketujuh. Artinya, potensi saling gusur di antara kedua tim, semakin membuat posisi Everton kian tersudut.

Ditambah lagi dengan kondisi para pemain setelah bomber andalan Everton, Romelu Lukaku masih terbaring di ruang perawatan cedera. Beruntung, Martinez sudah bisa menyambut kembali kehadiran Gerard Deulofeu pasca pulih dari cedera. Pemain anyar Lacina Traore kemungkinan sudah bisa melakoni debutnya pada laga nanti.

Di kubu tuan rumah, Spurs masih tanpa Erik Lamela, Vlad Chiriches, dan Sandro akibat cedera. Namun, Andros Townsend sudah bisa kembali setelah pulih dari cedera. (junius/si)

REKOR PERTEMUAN:
03-11-13, Everton vs Tottenham 0-0
07-04-13, Tottenham vs Everton 2-2
09-12-12, Everton vs Tottenham 2-1
11-03-12, Everton vs Tottenham 1-0

PRAKIRAAN PEMAIN:
Tottenham (4-4-2): Lloris (g); Walker, Rose, Dawson, Vertonghen; Bentaleb, Lennon, Paulinho, Eriksen; Soldado, Adebayor.
Everton (4-5-1): Howard (g); Stones, Baines, Jagielka, Distin; McGeady, Barry, McCarthy, Barkley, Osman; Mirallas.

Teks : Pendukung Everton berharap timnya lolos dari tekanan Sprus