Wednesday, 13 December 2017

Dikemas Dalam Galon Asli

Tempat Produksi Air Mineral Palsu Digerebek Polisi

Kamis, 13 Februari 2014 — 18:12 WIB
galom

TANGERANG (Pos Kota) – Polres Kota Tangerang membongkar lapak yang dijadikan tempat memproduksi air mineral galonan merek terkenal yang diduga palsu di Kampung Jaha, RT 02/03, Kel Malangnengah, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

Dalam penggerebekan, petugas menemukan 101 galon palsu yang siap dipasarkan ke masyarakat, dua karung berisi tutup galon bekas, dua tabung filter air, mesin pompa air, dan satu buah mesin ultra violet.

Selain mengamankan barang bukti, polisi juga menangkap Ahmad,26, sang pemilik, dengan jeratan Pasal 62 Undang-undang RI No 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan Pasal 24 ayat1 Undang-undang RI No 5 Tahun 1984 tentang perindustrian.

“Ancaman hukumannya lima tahun penjara,” ungkap Kasat Reskrim Polres Kota Tangerang, Kompol Siswo Yuwono,Sik kepada Pos Kota Kamis (13/2) sore.

Siswo menjelaskan, terbongkarnya tempat produksi air galon palsu berawal dari informasi masyarakat yang curiga terhadap kegiatan di dalam lapak milik Ahmad tersebut. Dari informasi itu, petugas kemudian melakukan penyelidikan. Alhasil, kecurigaan masyarakat terbukti benar. Ahmad bersama seorang karyawannya terbukti memproduksi air mineral palsu yang dikemar dalam galon.

“Ketika kami tangkap, tersangka bersama seorang karyawannya tengah memproduksi air galon palsu,” papar Siswo.

Kepada petugas, tersangka mengaku suplayer air galon palsu itu di dapatnya dari PT Tirta Wahana Prima yang berada di Bogor, Jawa Barat. Air tersebut kemudian dimasukan ke tanki berkapasitas 8.000 liter yang dialirkan ke dalam tabung filter melewati mesin sinar ultra violet.

Untuk menyakinkan air yang diproduksinya itu asli, galon yang sudah terisi air itu ditutup galon asli yang sudah di daur ulang. Air galon palsu milik Ahmad itu kemudian dipasarkan ke toko-toko yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Tutup botol galon asli itu diperoleh tersangka dari pengepul limbah plastik bekas,” ungkap Siswo. (Imam)

Teks : Tersangka pemalsu air mineral yang dikemas dalam galon asli