Thursday, 15 November 2018

Debu Letusan Gunung Kelud Sampai ke Bandung

Jumat, 14 Februari 2014 — 13:37 WIB
debu-sub

BANDUNG (Pos Kota) – Warga Bandung heboh menyusul debu letusan Gunung Kelud, Jawa Timur, sampai ke Bandung. Jumat, kendaraan bermotor di kota ini mendadak diselimuti debu putih yang diduga kuat kiriman dari Kelud.

“ Kalau kami lihat ini debu gunung. Yah, paling kiriman dari Kelud yang meletus Jumat dini hari,“ kata seorang warga, Satria.

Dia menjelaskan, munculnya kiriman debu dari Jatim ini mulai terasa Jumat siang sekitar pukul 11.0. Debu akan terlihat jelas di kendaraan yang bercat mencolok, diantaranya merah, biru, dan hitam. Semua kendaraan warga tersebut hampir semua bodinya dibalut debu. “ Debunya kecil kecil tapi putih,“ ujar Satria lagi.

KACA MATA

Beberapa warga Bandung yang biasa bepergian jalan kaki Jumat mendadak memakai kacamata. Pasalnya, debu kiriman dari Gunung Kelud sangat terasa saat masuk mata. “ Debu yang masuk ke mata lumayan pedih,“ tutur Agus,45, seorang warga Cibiru Bandung.

Debu kiriman dari Jatim ini hampir terjadi di seluruh peloksok di Bandung, kota dan kabupaten termasuk Cimahi. Di wilayah ini, Jumat mendadak hujan debu yang cukup mengoroti kendaraan bermotor, genteng rumah. “ Awas, debu Kelud masuk mata cukup pedih,“ katanya lagi.

(dono/sir)