Tuesday, 25 September 2018

Di Tahun Politik, Optimis Pariwisata Indonesia Capai Target

Senin, 17 Februari 2014 — 3:25 WIB
Turis asing kunjungi Bali. (ist)

Turis asing kunjungi Bali. (ist)

JAKARTA (Pos Kota) -Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu tetap optimis pihaknya dapat memenuhi target kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 9,2 juta orang serta peningkatan jumlah perjalanan wisatawan nusantara tahun 2014.

Turis di Medan

Wisatawan asing di Medan. Optimis.

Tahun ini dinilai oleh  beberapa kalangan sebagai tahun sulit, dimana akan diselenggaraan Pemilu Legislatif dan Pilpres. Apalagi, di awal tahun banyak musibah bencana yang terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia.

“Tidak dipungkiri, bencana yang terjadi menimbulkan sejumlah gangguan dalam berbagai sektor termasuk sektor pariwisata. Tapi, hal ini diharapkan tidak terlalu berdampak negatif bagi daerah-daerah yang tidak mengalami musibah. Jika memang dampaknya cukup mengganggu, maka
kami akan memberikan alternatif destinasi pariwisata yang masih bisa dikunjungi,” jelas Menparekraf di Gedung Sapta Pesona Jakarta,kemarin.

Mengenai penyelenggaraan Pemilu 2014, Mari berharap situasi menjelang pemilu sampai pasca pemilu akan tetap kondusif. Tahun ini, prediksi kunjungan wisatawan mencapai sebesar 8,7 juta, sementara Kemenparekraf menetapkan target 2014 sebanyak 9,2 juta.

Pada kesempatan tersebut, Menparekraf mengkoreksi pendapat yang menyebutkan bahwa pihaknya takut menetapkan target tinggi. Bagi Mari Elka, hal tersebut tidaklah benar, karena penentuan target dapat saja ditingkatkan jika pertumbuhan dunia pariwisata terus menunjukan
peningkatan.

“Mengenai penentuan target, Kemenparekraf juga bekerjasama dengan para stakeholder bidang pariwista. Misalnya, kita ingin mengambil range dari 9,2 juta menuju 9,4 arti nya mengalami pertumbuhan 6-8%,”  jelasnya.(lina/d)