Tuesday, 17 September 2019

Terkait Penempatan dan Perlindungan TKI

Indonesia-Saudi Segera Tandatangani MOU

Selasa, 18 Februari 2014 — 12:47 WIB
muhaimin-sub

JAKARTA (Pos Kota) – Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi akan segera menandatangani perjanjian bilateral/Memorandum of Understanding (MoU) terkait dengan penempatan dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

“Penandatanganan MoU ini akan dilaksanakan  di Riyadh, Arab Saudi pada 19 Februari 2014,” kata Menakertrans A. Muhaimin Iskandar, Selasa.

Muhaimin mengatakan,  penandatanganan MoU tersebut menjadi tonggak sejarah dalam hal penempatan dan perlindungan TKI di Arab Saudi.

“Ini menjadi awal sejarah baru dalam penempatan dan perlindungan TKI kita di Arab Saudi karena baru pertama kali terjadi MoU. Dengan mengantongi perjanjian perlindungan yang selaras dengan Undang-Undang Nomor 39 tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri, TKI kita yang akan bekerja di Arab Saudi akan dapat perlindungan penuh dari pemerintah setempat,” kata Muhaimin dalam siaran persnya.

Dalam rangka penandatanganan perjanjian tersebut delegasi Indonesia yang dipimpin langsung oleh Muhaimin Iskandar berangkat ke Riyadh, Arab Saudi, pada Senin (17/2).

Menurutnya, MoU tersebut akan memberikan kepastian hukum  baik bagi pengguna maupun bagi TKI, karena  akan semakin memberikan kepastian hukum dan jaminan perlindungan  bagi TKI yang bekerja pada pengguna jasa  di Arab Saudi. “Kami ingin Arab Saudi memberikan perhatian khusus pada TKI,” tegasnya.

Perjanjian yang akan ditangani dalam waktu dekat tersebut, lanjutnya,  mencakup antara lain penyelesaian masalah hubungan kerja, penyediaan sarana komunikasi dan penyediaan hari libur serta sistem penggajian yang dilakukan melalui jasa perbankan untuk TKI.

(tri/sir)