Wednesday, 26 September 2018

4 RSUD Bakal Setara RS Swasta

Selasa, 25 Februari 2014 — 14:09 WIB
RS Tarakan-n

JAKARTA (Pos Kota) – Pemprov DKI Jakarta menargetkan empat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang dimilikinya memiliki kriteria tipe A. Dengan demikian, pelayanan rumah sakit tersebut telah setara dengan rumah sakit swasta lainnya, seperti Fatmawati, Pertamina, Karolus dan Siloam.

Kepala Dinas Kesehatan DKI, Dien Emmawati, sebelumnya RSUD yang memiliki kriteria tipe A adalah RSUD Tarakan. Dengan demikian rumah sakit tersebut tidak boleh melakukan rujukan ke rumah sakit lain. Karena fasilitas dan tenaga ahli yang memadai.

Dien mengungkapkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memiliki enam RSUD. Adapun ke enam rumah sakit tersebut adalah Pasar Rebo, Koja, Cengkareng, Budi Asih, Tarakan dan Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur. Dan RSKO Cibubur sudah menjadi rumah sakit dengan tipe A.

“Yang empat ini yaitu Pasar Rebo, Koja, Cengkareng dan Budi Asih sekarang dalam pembinaan untuk kita jadikan tipe A,” jelasnya di Balaikota, Selasa (25/2).

Untuk mencapai rumah sakit dengan tipe A, Dien mengatakan, rumah sakit harus memperbaiki Standar Operasional Prosedur (SOP). Lalu setelah itu fasilitas pelayanan. Dimana meliputi alat dan sumber daya manusia (SDM).

(guruh/sir)

Foto-Ilustrasi