Thursday, 18 October 2018

Diharapkan Sehat dan Tumbuh Berkembang

Pemkab Akan Lepas 30 Persen Saham BUMD Pariwisata

Jumat, 28 Februari 2014 — 17:13 WIB
lepas1

BOGOR (Pos Kota) – Pemkab Bogor akan melepas sebagian saham BUMD Pariwisata PT Sayaga Wisata  ke investor hingga 30 persen. Penjualan diharapkan  BUMD ini akan  menjadi sehat dan tumbuh berkembang.

Bupati Bogor Rahmat Yasin  mengatakan,  rencananya BUMD ini membutuhkan modal Rp50 miliar, namun pemkab akan menyuntik dana segar Rp30 miliar. “Sisanya Rp20 miliar itu kita tawarkan ke investor,” katanya, Jumat (28/2).

Namun, katanya jika penjualan saham ini diminati investor, pemkab akan membatasinya sampai 50 ribu lembar saham. Artinya, jika   per lembar saham dijual Rp1 juta, maka  untuk 50 ribu lembar saham sama dengan Rp50 miliar. “Sehingga kita hanya mengeluarkan dana Rp30 miliar,” ujarnya.

BUMD Pariwisata ini adalah satu dari tiga perda yang disahkan DPRD Kabupaten Bogor. Sedangkan dua perda lain  adalah Perda Perubahan No 3 tahun 2011 tentang pendirian BUMD Prayoga Pertambangan dan Energi (PPE) dan Perda Tentang Pengolahan Sampah. Perda Pariwisata  dibahas lewat  Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Bogor.

Salah satu anggota pansus, Iwan Setiawan mengatakan, pendirian BUMD Pariwisata ini  bentuk terobosan untuk peningkatan PendapatanAsli Daerah (PAD). “Sebab itulah kita minta pemkab merekrut direksi yang profesional dan lewat seleksi  ketat,” pintanya serya menyebutkan pihaknya menyetujui rencana penyetoran modal dasar  Rp4,4 miliar untuk PT Sayaga Wisata.  (iwan/yo)

Teks foto: Tiga Raperda Tentang Pembentukan BUMD disahkan  DPRD Kabupaten Bogor menjadi Perda.  (iwan)