Thursday, 15 November 2018

Panjang 57,5 Km

Pembangunan Tol Pejagan – Pemalang Segera Dimulai

Sabtu, 1 Maret 2014 — 12:52 WIB
jalan tol

JAKARTA (Pos Kota) – Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Djoko Murjanto mengatakan, pembangunan jalan tol tol Pejagan-Pemalang sepanjang 57,5 Km segera dimulai. Pasalnya, sebagian besar lahan untuk pembangunan Seksi  I dan II jalan tersebut sudah dibebaskan.

“Pembebasan lahan Seksi I dan II jalan tersebut sudah mencapai lebih dari 80 persen. Dengan demikian pekerjaan konstruksi sudah dapat dilakukan sekitar Maret atau April tahun ini,” katanya, kemarin.

Menurut Djoko, ruas  jalan tol Pejagan-Pemalang dibagi menjadi  empat seksi pembangunan. Masing-masing adalah Seksi  Pejagan-Brebes Barat sepanjang 14,20 km, Seksi  Brebes Barat-Brebes Timur sepanjang 6 km, Seksi  Brebes Timur-Tegal Timur sepanjang 10,40 km, serta  Seksi IV Tegal Timur-Tegal Barat sepanjang 26,90 km. Seksi I merupakan ruas Pejagan-Brebes, dan seksi II adalah ruas Brebes Barat-Brebes Timur yang sudah bisa dikerjakan.

Sedangkan dua seksi lainnya yakni  akan dikerjakan setelah lahannya telah dibebaskan lebih dari 75 persen. Untuk pembangunan keempat  seksi tersebut  dana yang dibutuhkan mencapai Rp5,52 triliun dimana  Rp254 milyar di antaranya digunakan untuk pembebasan lahan.

Djoko menambahkan, saat ini pihak Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tengah melakukan pembahasan dengan pihak perbankan untuk sindikasi pembiayaannya. Jika semua berjalan lancer diharapkan pada bulan Maret atau April 2014 pekerjaan konstruksi sudah bisa dimulai.

Jika semua rencana berjalan lancar Djoko berharap pembangunan tol trans Jawa akan semakin panjang. Setidaknya pada tahun 2015 ruas tersebut sudah mencapai Brebes Jawa Tengah. (faisal)