Wednesday, 26 September 2018

Melintas Tol Cikampek

Dibangun Jembatan Untuk Kantor Bupati Bekasi

Selasa, 4 Maret 2014 — 22:37 WIB
tatol

BEKASI (Pos Kota) -Mengurangi kemacetan di jembatan penghubung ke kantor Bupati Bekasi, yang melintas di atas Tol Jakarta-Cikampek, akan dibangun jembatan baru. Letaknya di sebelah barat jembatan yang sudah ada di Desa Jayamukti, Kecamatan Cikarang Pusat.

Pengerjaan kontruksi akan dimulai April mendatang. Menurut Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kabupaten Bekasi, E.Y Taufik, berdasarkan Detail Engineering Design yang sudah disetujui, jembatan yang akan dibangun itu untuk akses dari Kantor Bupati Bekasi ke kawasan lain di atas ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Jalan Inspeksi Kalimalang.

Untuk jembatan lama dibuat searah dari Kalimalang menuju Kantor Bupati Bekasi, kawasan industri Delta Mas, Lippo Cikarang, Delta Silicon, dan EJIP. “Jembatan lama tidak ada perubahan,” kata Taufik.

Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Bina Marga dan Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Bekasi, Ted Heraldi mengatakan, jembatan itu lebarnya sekitar 7 meter. Lebih lebar tiga meter dibanding jembatan lama 4,5 meter.

SELESAI AKHIR TAHUN

Ia mentargetkan, pembangunan jembatan sepanjang 70 meter itu selesai akhir tahun ini. Diharapkan jembatan itu bisa mengurai kemacetan di jalur tersebut. Pasalnya, warga kerap mengeluhkan kemacetan. Penyebabnya, jembatan itu hanya bisa dilewati satu jalur kendaraan, padahal jalur itu akses alternatif pengendara roda dua dan empat.

Ia menambahkan, pihak Jasa Marga sudah menyetujui pembangunan tersebut. Asal tidak menggunakan tiang penyangga di tengah jembatan karena bisa menganggu akses jalan tol Jakarta-Cikampek. “Sama seperti jembatan lama, tak ada tiang penyangganya.” (saban)
Foto ilustrasi