Wednesday, 19 September 2018

Warga Desak Petugas Bertindak Tegas

Fly Over Cibinong Jadi Terminal Bayangan

Selasa, 4 Maret 2014 — 19:32 WIB
bayang1

BOGOR (Pos Kota) – Kesemrawutan lalulintas di pertigaan Pasar Cibinong semakin parah. Padahal Kota Cibinong berharap tahun ini dapat meraih Adipura. Maraknya Kaki-5 berjualan di bahu jalan berebut dengan angkot menurunkan dan menaikan penumpang memperparah kesemarautan. Belum lagi sejumlah bus menjadikan Fly Over Cibinong sebagai terminal bayangan.

Sejumlah warga Cibinong pesimis, kotanya bakal meraih Adipura. Mereka berangapan pemkab  tak mampu menata kotanya. Meski Pasar Cibinong kini sedang dirombak total, namun pertigaan pasar ini semakin semrawut. “Sulit untuk dapat Adipura. Masih banyak dibenahi, baru kita  bermimpi Adipura,” celetuk  Darmawan, warga  Kelurahan Pabuaran, Cibinong.

Kepala Dinas DLLAJ Kabupaten Bogor Soebintaoro mengaku, pusing mengatasi kesemrawutan di pertigaan ini. Berulangkali bekerjasama dengan Polres Bogor mengurai kemacetan ini, tapi tak banyak membuahkan hasil. Selain itu pihaknya sudah memanggil sejumlah pemilik angkot dan bus mengatasi masalah ini, namun masih menemui jalan buntu.

“Salah satu solusinya mungkin memperluas Terminal Cibinong. Wacana ini sudah kita bahas dengan dinas terkait, tapi belum ada tindak lanjutnya,” katanya.

Ketua Organda Kabupaten Bogor Gunawan mengatakan, sulit menindak angkot yang menurunkan dan menaikan penumpang di luar terminal. “Sebab penumpang tak mau masuk ke terminal, sehingga sesama angkot berebut penumpang di luar terminal. Sedangkan bus yang ngetem di fly over, kita hanya sebatas mengimbau, selebihnya tak punya wewenang menindak,” katanya.

Sebelumnya Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Bogor Subaweh, mengatakan  Kota Cibinong kembali diikut sertakan sebagai peserta Adipura 2014. Penilaian akan dilaksanakan  tim penilai Tingkat Regional Jawa Barat dan Tingkat Pusat oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan dilakukan dua tahap.

“Tahap pertama  Mei-Juni, tahap kedua Nopember-Desember. Meski berharap mendapat Adipura, tapi  bukan tujuan utamanya. Namun menjaga kebersihan dan keindahan yang terpenting.  Saat ini Kabupaten Bogor lebih konsentrasi pada pembangunan,” ujarnya. (iwan/yo)

Teks foto; Sekitar flya over masih semrawut bahkan dijadikan terminal bayangan. (iwan)