Wednesday, 14 November 2018

Warga Normalisasikan Saluran Air Secara Swadaya

Selasa, 4 Maret 2014 — 13:02 WIB
tarta-sub

KALIDERES (Pos Kota)- Warga RW 015 Perumahan Taman Surya 2 Kelurahan Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar) menormalisasi saluran air sepanjang 100 meter secara swadaya di Jl Taman Surya 2. Tindakan ini sebagai salah satu upaya untuk mengatasi genangan di kawasan tersebut.

Sukahar Hadi, Ketua RW 015 Pegadungan mengatakan selama ini setiap kali hujan deras di lokasi tersebut selalu timbul genangan hingga 30 Cm, sehingga menggangu aktifitas warga. Apalagi Jalan Taman Surya 2 merupakan akses utama bagi warga dan pengguna jalan untuk menuju ke wilayah Tegal Alur ataupun Cengkareng.

Dari hasil pengecekan, ternyata genangan tersebut timbul akibat saluran air tidak berfungsi optimal. Karena di atasnya tertutup dengan inrit (penutup saluran dengan beton) yang dibangun warga dan menyulitkan pembersihan atau pengurasan.

“Kami bersama pihak kelurahan dan kecamatan langsung membongkar inrit tersebut dan membersihan serta mengangkati endapan lumpur yang membuat mampet saluran. Biayanya secara swadaya berasal dari kas RW,” jelas Sukahar Hadi, Selasa (4/3).

Lurah Pegadungan, Ahmad Sajidin menyambut positif kepedulian dan perhatian warganya khususnya di RW 15 yang secara swadaya menormalisasi saluran sebagai upaya mengatasi genangan. Mereka menyewa deker untuk membongkar inrit, menyewa tukang dan angkutan. Sedangkan dari pihak PU Tata Air Kecamatan Kalideres bertindak sebagai konsultan dan pihak kelurahan serta kecamatan sebagai pendorong warga.

“Memang Perumahan Taman Surya 2 masih menjadi tanggung jawab pihak developer, karena belum diserahkan ke Pemprov DKI Jakarta termasuk kewajiban penyerahan fasos dan fasumnya,” jelasnya.

(tarta/sir)

Teks Gbr- Ketua RW 015, Sukahar Hadi (paling kiri) dan Lurah Pegadungan, H.A. Sajidin (ke tiga dari kiri) tengah memonitor normalisasi saluran di Jl Taman Surya 2 yang dilakukan secara swadaya. (tarta)