Saturday, 17 November 2018

Mahasiswa UI Kawal Pemeriksaan

Polisi Dalami Sitok Terkait Kasus Perkosaan

Rabu, 5 Maret 2014 — 14:31 WIB
sitok1

SEMANGGI (Pos Kota) – Penyair Sitok Srengenge akhirnya memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan terkait dugaan kasus pemerkosaan terhadap seorang mahasiswi Universitas Indonesia (UI), Rabu (5/3). Sejumlah mahasiswa UI juga terlihat datang untuk mengawal pemeriksaan dan mendesak penyidik menjerat penyair tersebut dengan pasal pemerkosaan.

Terkait hal itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto mengatakan, petugas sudah bertemu dengan pihak yang memberi masukan menggunakan pasal 286 KUHP tentang pemerkosaan.
”Pasal itu kita dalami, kita tidak bisa gegabah,” katanya.

Menurut Rikwanto, secara konvensional pemerkosaan itu masuk ke dalam ranah fisik. Namun, dalam kasus RW berbeda, fisiknya tidak begitu kelihatan untuk dijadikan acuan tapi psikisnya justru yang kelihatan. Inilah yang membuat polisi butuh pendalaman lebih.

Untuk memperbanyak referensi polisi dan rujukan polisi atas penetapan pasal 286 KUHP, polisi butuh saksi ahli. Ini untuk mengetahui hal yang mendasar dari kasus tersebut dengan bantuan saksi ahli.  ”Apakah suka sama suka atau benar pemerkosaan. Keterangan ahli sedang mintakan, kriminolog, ahli forensik dan ahli pidana. Sitok masih diperiksa dan belum ada peningkatan status,” kata Rikwanto.

Sementara belasan Mahasiswa UI dari Fakultas Ilmu Budaya mendatangi Polda Metro Jaya untuk mengawal pemeriksaan Sitok Srengenge.  Ketua BEM FIB UI, Raihana mengatakan, kedatangan para mahasiswa bukan untuk membuat onar tapi memberi dukungan kepada polisi agar tidak terintervensi dalam kasus Sitok.

”Kita sudah menunggu selama 3 bulan, berjalan 3 jam, untuk mengawal pemeriksaan Sitok, dan menagih keadilan saudara kami RW agak Sitok dihukum dengan pasal yang sesuai,” kata dia. (yahya/yo)