Friday, 16 November 2018

Iklan Kampanye di TV Harus Adil

Jumat, 7 Maret 2014 — 17:32 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Pengamat pemilu dari Soegeng Surjadi Syndicate, Toto Sugiarto meminta ada keadilan yang rata atas iklan kampanye¬† yang akan dimulai pada 16 Maret 2014 nanti. “Setiap media harus memberikan iklan sama dengan slot. Jangan mentang-mentang mereka punya media, tapi malah membeda-bedakan slot itu yang tidak boleh,” ujar Toto, saat dijumpai di gedung Bawaslu, Jumat (7/3).

Menurut Toto, media televisi merupakan salah satu sarana kampanye yang paling efektif. Ia menyarankan agar ada pengawasan ketat terhadap media iklan tersebut. Sebab sejauh ini, peraturan yang telah dikeluarkan bersama antara KPU, Bawaslu dan Komisi penyiaran (KPI) sendiri, dinilai Toto masih belum memiliki payung hukum yang kuat.

“Buktinya Iklan di TV masih aja ada yang berseliweran. Tapi yang kita lihat tidak ada langkah eksekusinya. Jadi diharapkan ada langkah tegas yang bisa diambil Bawaslu, KIP dan KPI, untuk bisa menindak lanjuti bagi capres yang melanggar,” ujarnya. Lebih jauh dijelaskan Toto, lantaran tidak adanya payung hukum terhadap penerapan tayangan iklan, jadi wajar saja jika sejumlah tokoh kandidat masih saja terlihat berkampanye dalam iklan.

“Dari sisi sangksi belum ada yang jelas, dan yang berhak harusnya KPU.¬† Saya kira sanksi bisa dibuat, jika tidak maka akan di indahkan oleh parpol dan mereka akan terus memasang iklan. (rizal/yo)