Saturday, 25 November 2017

Lama Tidak Berfungsi

Kolam Air Mancur Monas Jadi Tempat Memancing

Jumat, 7 Maret 2014 — 22:38 WIB
iluskolam

GAMBIR (Pos Kota) – Kolam air mancur menari dan menyanyi di sebelah barat taman Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, mangkrak tak lagi berfungsi. Kondisi tersebut, banyak dimanfaatkan warga untuk memancing ikan di kolam yang dibangun dengan biaya seharga 26 Milliar tersebut.

Supriyo, 48, salah seorang warga, mengaku memanfaatkan kolam air mancur tersebut sebagai tempat memancing setelah diajak rekannya hari Minggu. “Katanya di Monas ada kolam bisa untuk mancing, abis itu saya jadi keterusan,” ungkapnya, Jumat (7/3).

Meski ada beberapa petugas keamanan yang melakukan patroli, sambungnya, namun mereka tidak melarangnya asalkan bisa menjaga kebersihan di sekitar. “Memang sih ikannya gak gede dan banyak kalau dapat, tapi kan enak saja mancing di sini adem,” katanya polos.

Tak hanya warga Gambir, tersebut. Ucapan serupa juga diungkapkan Acin, warga lainnya. Dengan menggowes sepeda, dirinya sengaja mendatangi kolam air mancur tersebut untuk mencari hiburan dengan cara memancing ikan. “Kalau mancing di empang atau di laut itu mah biasa,” celetuknya.

Kepala Unit Pengelolahan Taman (UPT) Taman Monas, Mimi Rahmiati, menjelaskan kolam air mancur menari tersebut tidak berfungsi karena mesin pengendaliannya rusak. “Udah nggak jalan sejak 2011 dan memang tidak pernah kita anggarkan biaya perawatan,” katanya kepada wartawan.

Meski demikian, pada APBD Tahun 2014 ini dirinya telah mengusulkan perbaikan menyeluruh, namun untuk besaran anggaran tidak tahu. “Baru kita usulin, tapi belum tahu apakah nanti disetujui apa tidak sama anggota dewan,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, proyek air mancur menari dan menyanyi dibangun pada masa Gubernur Sutiyoso dengan menghabiskan dana sebesar Rp26 Milliar. Air mancur yang bisa melenggak lenggok dengan pancaran sinar laser dan diputar setiap akhir pekan tersebut, sengaja disuguhkan untuk warga Jakarta. (deny)

Teks : Warga menjadikan kolam air mancur menari dan menyanyi di Monas, yang terbengkalai untuk tempat pemancingan. (deny)