Tuesday, 20 November 2018

Pedagang Pasar Senen Tagih Janji Jokowi

Jumat, 7 Maret 2014 — 14:23 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Sudah hampir empat tahun sejak terbakar, ribuan pedagang Pasar Senen mendesak PD Pasar Jaya segera membangun kembali. Sebab, sejak terbakar tahun 2010 lalu, pedagang berjualan dibekas kios yang terbakar.

Selain itu, Pasar Senen milikĀ  pemprov tersebut kondisinya sangat kumuh, Kondisi pasar sangat tidak layak di tengah Jakarta sebagai Ibukota. Apalagi di sekeliling sudah berdiri pasar milik swasta yang sangat bagus.

Apalagi saat sidak pada Oktober 2012 lalu, gubernur Jokowi, sudah menjanjikan perbaikan dan pembangunan pasar. Tak hanya itu, Jokowi juga menjanjikan akan menggratiskan biaya sewa kepada para pedagang lama.

“Para pedagang hanya ingin pasar segera dibangun. Ini juga menjadi program Pak Jokowi, kenapa tak dijalankan,” kata Siswoto Ketua Pedagang Pasar Senen, saat ditemui di Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Pembangunan pasar ini telah. diwacanakan sejak 2004 lalu. Namun rencana tersebut tak pernah direalisasikan. Bahkan, setelah sekitar 200 kios di Blok VI Pasar Senen dilalap api pada 2010 lalu, pembangunan pasar hanya tinggal rencana dan dibiarkan terbengkalai.

Saat ini, kata Siswoto, Gedung pasar menjadi rapuh dan harus disangga dengan besi-besi penopang.

Kondisi pasar juga terlihat kumuh, kotor dan becek. Tumpukan sampah terlihat di sudut-sudut pasar. Siswoto menyatakan, dengan kondisi pasar saat ini jumlah pengunjung Pasar Senen menurun drastis dan berakibat pada omzet pedagang.

Siswoto menegaskan, sebanyak 75 persen dari sekitar 2.300 pedagang resmi Pasar Senen telah sepakat untuk mendukung program pembangunan ini. “Tapi belum juga diujudkan.”

Ketua Komisi B DPRD H. Selamat Nurdin mengatakan pihaknya sudah meminta. Pasar Jaya segera membangunnya.
Selamat menduga PD Pasar kesulitan kemungkinan karena direncanakan dibangun pihak ketiga.”Dewan sarankan dibangun sendiri,”tandasnya.

Djangga Lubis, Dirut Pasar Jaya mengatakan saat ini dalam tahap persiapan.

(john/sir)