Wednesday, 17 July 2019

Tangsel Kekuarangan Mobil Pemadam Kebakaran

Sabtu, 8 Maret 2014 — 11:05 WIB
bilkakaa

SERPONG (Pos Kota) – Mengantisipasi tingginya kasus kebakaran di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) jajaran pemkot setempat menambah empat unit mobil pemadam kebakaran. Warga di tujuh kecamatan tersebut berharap di setiap kecamatan memiliki dua unit mobil pemadam kebakaran.

“Maksimal seharusnya dua unit dan kantor pemadam kebakaran ada di setiap kecamatan selain yang utama di kantor Pemkot Tangsel,” kata Umar, warga Serpong, Jumat (7/3).

Menurut dia, semakin padatnya perumahan dan berkembangan Kota Tangsel tentu harus dibarengi dengan persiapan sarana maupun prasarana yang memadai terlebih sebagai antisipasi kebakaran yang kerap terjadi di perumahan padat penduduk. Seharusnya jumlah mobil pemadam kebakaran untuk Kota Tangsel sekitar 25 hingga 30 unit,” tuturnya.

Kepala Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tangsel, A. Budi Darmawan, mengakui bahwa idealnya untuk Kota Tangsel yang memiliki tujuh kecamatan minimal memiliki sekitar 21 unit armada mobil pemadam kebakaran.

Sekarang baru ada 10 unit. Budi mengaku ada penambahan sekitar empat unit mobil dengan nilai Rp 5 miliar sehingga nantinya ada sekitar 14 unit. “Keempat unit mobil Damkar tersebut berkapasitas 3000 liter air,” tuturnya.

Untuk jumlah kasus kebakaran mulai Januari hingga awal Maret 2014 ada sekitar 16 kasus kebakaran dengan kerugian ratusan juta dan terjadi paling banyak di daerah Kec. Pondok Aren, Pamulang dan Serpong.

Kasus yang paling banyak terjadi kebakaran akibat korsleting listrik. “Tak hanya mengandalkan mobil unit kebakaran untuk membantu masyarakat tapi pihaknya juga telah membentuk relawan pemadam kebakaran yang melibatkan warga di tingkat RT dan RW di seluruh Kota Tangsel,” katanya. (anton)