Thursday, 23 November 2017

Airin Bolak-balik Diperiksa KPK

Senin, 10 Maret 2014 — 21:44 WIB
cianamat

JAKARTA (Pos Kota) – Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, kembali dipanggil KPK, Senin (10/3). Usai diperiksa sekitar lima jam, ia mengaku ditanya soal kakak iparnya, Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, yang terjerat dalam kasus dugaan suap penanganan perkara Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Ya saya dipanggil sebagai saksi untuk tersangka Ibu Atut dalam kasus Pilkada Lebak,” ujarnya selepas menjalani pemeriksaan sekitar 5 jam, di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Mengenakan kemeja berwarna putih dan jilbab warna hijau bercorak, Airin tiba sekitar Pk. 15:00. Istri terdakwa kasus dugaan suap penanganan perkara Pilkada di MK Tubagus Chaeri Wardana ini keluar pemeriksaan sekitar Pk. 20:00.

Namun, ia enggan menjelaskan apa materi pemeriksaan yang dicecarkan penyidik kepadanya. “Intinya untuk materinya apa, bisa ditanyakan ke rekan-rekan penyidik,” ucap Airin sebelum bergegas meninggalkan Gedung KPK.

Juru Bicara KPK Johan Budi SP mengungkapkan, dua dari enam truk yang disita tim penyidik KPK, Jumat (7/3), diketahui ber-STNK atas nama Airin. Namun, Johan enggan berspekulasi apakah pemeriksaan Airin, kemarin, untuk dimintai klarifikasi soal kepemilikan truk-truk tersebut.

“Ya, jadi menurut penyidik, Jumat kemarin ada enam truk yang disita terkait TCW (Wawan). Empat di antaranya atas nama TCW, dan dua lagi atas nama Airin,” bebernya.

Keenam truk itu, papar Johan, disita dari kantor anak perusahaan milik Wawan, yakni PT Bali Pacific Pragama (BPP) di Serang, Banten. Kini seluruh truk itu berjejer di parkiran Gedung KPK bersama 52 mobil lain dan satu motor Harley Davidson yang juga sitaan KPK terkait kasus dugaan TPPU adik Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah itu.

Selain memeriksa Airin, kemarin, KPK juga memeriksa Riza Martina, Fauziah Dos Santos (pegawai negeri), Andhika Hazrumy (anggota DPD RI), dan Adde Rosi Kherunnisa (Wakil Ketua DPR Kota Serang) sebagai saksi untuk Atut. Diketahui, Andika adalah anak Atut, dan Ade merupakan menantunya. (yulian/M2)

Airin usai diperiksa KPK selama lima jam