Tuesday, 16 October 2018

Pembangunan Tol JORR Selesai Juni 2014

Senin, 10 Maret 2014 — 18:22 WIB
lasai

JAKARTA (Pos Kota)-PT Jasa Marga menargetkan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) bisa diselesaikan Juni atau sebelum bulan puasa tahun 2014 . Berfungsinya jalan tol ini diharapkan bisa mengurangi kepadatan lalu lintas tol dalam kota hingga sekitar 30 persen.

“Konstruksi sesi terakhir atau ruas Ciledug-Ulujami diharapkan selesai dikerjakan akhir Mei. Setelah itu dilakukan uji kelayakan oleh pihak Kementerian PU, Kepolisian, dan Kementerian Perhubungan,” kata Dirut PT Jasa Marga Adityawarman didampingi Dirut Marga Lintas Jakarta (MLJ) Surbakti Syukur saat meninjau pekerjaan jalan tersebut, kemarin.

Jika dianggap berhasil maka akan diresmikan lalu dilanjutkan dengan uji coba dan setelah itu jalan resmi beroperasi.

Adityawarman belum mau menjelaskan berapa tarif yang akan diberlakukan setelah seluruh jalan tol tersambung dan beroperasi nanti. “Itu nanti pemerintah yang memutuskan sesuai rumus yang ada,” katanya.

Namun dia mengingatkan ruas akhir JORR ini benar-benar memperhatikan aspek lingkungan. Ini dilakukan antara lain dengan membuat beberapa bagian ruas tol agak tinggi sehingga di bagian bawahnya bisa menjadi daerah resapan air.

Selain itu dia mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PU, BPN, dan Walikota Jakarta Selatan yang telah membantu mempercepat pembebasan lahan sehingga jalan yang telah “terkatung-katung” hampir 14 tahun ini akhirnya selesai dibangun selutuhnya. (faisal)
Foto ilustrasi