Thursday, 15 November 2018

Yang Bingung, Makanan yang Cerdik?

Senin, 10 Maret 2014 — 18:01 WIB
SS-Soes1

JELANG Pemilu,yang tinggal menghitung minggu, bakalan ramai oleh acara kampanye. Baik yang iring-iringan, pawai  atau kumpul di satu tempat, dengan tajuk serba akbar.

Selain pidato-pidato oleh juru kampanye, juga bakalan diramaikan oleh musik, pop dan dangdut. Itulah yang disebut pesta rakyat.

Pesta yang ini memang beda. Kalau pesta-pesta lain, pengunjung harus membayar, kalau yang ini bisa jadi para pengikut dibayar. Jadi tak heran, kalau saat ini sudah ada yang namanya orang-orang yang sengaja menyediakan dirinya untuk ikut meramaikan pesta akyat tersebut.

Pokoknya pesta partai apa saja. Toh, teriakannya sama saja.”Pilih dan tusuk partai Anu! Hidup partai Anu!” Ya, begitu sajalah, tinggal mengingat  nama partai yang diikuti kampanye.

Yah, bagi partai,yang mampu tentu saja dapat mengumpulkan massa yang banyak. Tapi, jangan bangga dulu, karena yang bakalan mencoblos partai tersebut tidak sebanyak yang datang ke lapangan kampanye?

Lho, kok gitu? Iyalah, rakyat  kan tidak bodoh, malah jangan-jangan semakin cerdik. Coba lihat, betapa semangatnya meneriakkan yel-yel kampanye? Siapa sangka, sebagian dari mereka, itu semua hanya teriakan semu?

Jadi janganlah menganggap  rakyat masih bodoh, yang bisa dipermainkan oleh para politisi? Seperti kata pepatah; ‘Yang bingung,makanan yang cerdik,yang tidur makanan yang jaga.’

Nggak lah yauw! – massoes