Friday, 20 September 2019

Pembangunan Harus Fokus pada Kepulauan

Rabu, 12 Maret 2014 — 17:45 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) –  Pembangunan harus fokus dan berorientasi ekonomi kepulauan, agar bisa mengatasi kemiskinan, keterlantaran, ketertinggalan, dan keterpencilan.

Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufrie menambahkan pembangunan sektor transfortasi  harus  lebih banyak, begitu juga pembangunan  dermaga-dermaga agar  mampu menyentuh pulau-pulau utama yang menjadi simpul pulau-pulau di sekitarnya.

“Dengan demikian, setiap ada permasalahan didaerah terpencil bisa cepat terpantau dan bisa segera ditangani,” kata Mensos, Rabu.

Menurutnya, instansi pemerintah dan swasta serta masyarakat jangan menganggap enteng masalah kesejahteraan sosial, sebab akar kemajuan suatu wilayah tidak hanya diukur dari pertumbuhan ekonomi semata.

Dalam Ekspedisi Kemanusiaan Kelompok Marjinal (EKKM)  Kemensos 2014 yang dilaksanakan sejak sebulan lalu, lanjutnya, Kemensos
selain menemukan berbagai masalah sosial,  juga menemukan bukti  komitmen daerah untuk meningkatkan kesejahteraan sosial masih sangatlah rendah.

Karena itu melalui EKKM 2014 ini, Kemensos bisa membuat  model pemetaan, penjangkauan terhadap permasalahan sosial di daerah.

“Pusat akan bertindak jika terjadi kekhususan termasuk ketidakmampuan pemerintah daerah untuk menyelenggarakan kesejahteraan sosial, misalnya dalam revitalisasi panti, ” ujarnya.(Tri/d)