Monday, 24 April 2017

CeBIT Pamerkan Robot yang Bisa Lelah dan Miliki Otot

Kamis, 13 Maret 2014 — 22:57 WIB
CeBIT2014-1

HANNOVER – Pameran komputer internasional CeBIT 2014 – pameran komputer dan produk  digital terbesar di dunia – telah dimulai di Hannover – Jerman.

Tahun ini Inggris yang menjadi negara mitra. Jumlah peserta pameran diperkirakan mencapai 3.500 perusahaan dari 70 negara.

CeBIT2014-2

Roboy yang bisa merasa lelah dan tidur

Di antara produk teknologi yang menonjol tahun ini adalah Roboy, robot humanoid yang tidak memiliki mesin di persendiannya, tapi memiliki otot.

Ini untuk pertama kalinya robot bisa merasakan dan bergerak seperti manusia. Mereka juga akan tidur jika merasa lelah.

CeBIT2014-3

Sistem EasyPASS untuk merekam penumpang di Bandara

Sementara pesawat Boeing Malaysia MH 370 hilang dan bandara internasional kebobolan paspor palsu, sistem keamanan khusus dikembangkan untuk penggunaan di bandara.

Paspor dipindai dan mesin secara otomatis menarik data biometrik dan sidik jari. Sistem ini beroperasi secara penuh di bandara München.

CeBIT2014-4

Kanselir Angela Merkel dan PM Inggris David Cameron tengah bersalaman dengan tangan robot. 

Tangan bionik telah lama menjadi bahan penelitian. Tahun ini banyak perusahaan di CeBIT yang menunjukkan versi lebih sempurna dari tangan bionik.

Penemuan baru mengembangkan gerakan motorik romot yang semakin halus.

Satu lagi robot humanoid. Uniknya mereka berwujud seperti penari perempuan dan bisa ‘pole dance’. Saat menari warna-warna cahaya berbeda terlihat di kening mereka.

Beberapa tangan bionik terhubung dengan pikiran manusia dan beberapa dioperasikan lewat app smartphone.  – DW.DE/dms