Teori dan Dugaan Baru, Arah Pesawat MH 370

Senin, 17 Maret 2014 — 17:33 WIB
A Malaysia Airlines flag is seen at Kuala Lumpur International Airport in Sepang

KUALA LUMPUR – Seminggu telah berlalu, setiap hari membawa rincian baru dan pertanyaan-pertanyaan baru seputar hilangnya Malaysia Airlines Flight 370, sebuah Boeing 777-200ER, dengan 239 orang penumpang, yang hilang pada Sabtu, 8 Maret dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing .

Pilot Zaharie-n

Berikut adalah sejumlah pertanyaan yang dirangkum CNN, seputar apa yang kita ketahui dan apa yang kita tidak tahu :

1 . Apa yang kita ketahui tentang pilot ?

Pilot:  Kapten Zaharie Ahmad Shah, 53, mengantongi 18.365 jam terbang. Bergabung dengan MAS pada tahun 1981. Untuk seorang veteran 777, pilot Zaharie Shah, total berkarir 18.000 jam terbang -plus di udara normal .

Dari pengusutan di rumah pilot, polisi mendapat Shah membangun sebuah simulator penerbangan. Ini agak umum di kalangan penggemar dunia penerbangan, menggunakan program simulator online untuk meniru berbagai situasi.

Pilots Zaharie Ahmad Shah-simulator-475

Simulators memungkinkan pengguna untuk hampir mengalami skenario dalam berbagai manuver pesawat.

Program dapat mensimulasikan rute penerbangan, pendaratan dan lepas landas dari bandara yang sebenarnya. Tetapi para pilot senior mengatakan,  simulator tidak bisa menggantikan pengalaman yang diperoleh dari terbang nyata .

Shah menikah dan memiliki tiga anak, yang termuda di antaranya berada di usia 20-an dan tinggal bersama orang tuanya. Dia dan istrinya memiliki satu cucu .

Adapun co-pilot, First Officer Fariq Abdul Hamid, 27 , bergabung dengan Malaysia Airlines pada tahun 2007. Dia mengantongi 2.763 jam terbang dan kini dalam proses transisi dari penerbangan simulator pelatihan menuju Boeing 777 – 200ER .

Jumlah jam terbang Hamid sedikit rendah untuk pilot Boeing 777 untuk ukuran maskapai penerbangan Amerika, kata para ahli. Tetapi sistem jenjang karir pilot seringkali lebih cepat di antara maskapai penerbangan di negara-negara yang lebih kecil .

Dari penuturan tetangga, Hamid tinggal bersama orang tuanya dan beberapa dari empat saudara kandungnya.

2 . Apa yang kita ketahui tentang komunikasi ke dan dari pesawat?

Petunjuk penting tentang pesawat datang dari perkembangan data di sekitarnya dan komunikasi suara yang terkirim. Pesawat ini dilengkapi dengan radio komunikasi suara standar dan dua jenis lain dari teknologi komunikasi : transponder dan komunikasi pesawat yang dikenal dengan singkatan ACARS – Aircraft Communications Addressing and Reporting System.

Yang terakhir diketahui komunikasi suara dari kokpit pesawat MH 370 itu adalah kata-kata : “Baiklah…, baik…, malam… “

Kita tidak tahu dari suara siapa yang mengucapkan kata-kata itu, tapi diucapkan saat pesawat mendekati kontrol lalu lintas udara wilayah udara Vietnam – di sekitar waktu yang sama transponder itu dimatikan, menurut Perdana Menteri Malaysia Najib Razak .

Karena transponder menyediakan informasi penting, menjadi sangat tidak mungkin pilot yang mematikannya. Transponder dapat diandalkan, meski kadang-kadang gagal, sehingga ada transponder cadangan.

Mematikan transponder merupakan salah satu cara untuk menyembunyikan informasi penerbangan pesawat dari pengendali lalu lintas udara.

Para ahli memberikan pendapat yang saling bertentangan tentang apa yang menyebabkan matinya transponder itu, yang bisa saja : Seseorang – mungkin pembajak – ingin menyembunyikan posisi pesawat sebelum mengubah arah.

Teori lain adalah transponder bisa mati mendadak putunya aliran listrik akibat adanya bencana.

Namun, diketahui kemudian, kata seorang pejabat senior AS yang dikutip CNN : Ada serangkaian koneksi elektronik – dari perangkat ACARS di pesawat ke satelit selama empat sampai lima jam kemudian – setelah transponder berhenti mengirimkan sinyal .

ACARS secara otomatis biasanya mengirimkan pesan rutin untuk maskapai penerbangan, termasuk memberi petunjuk berapa banyak bahan bakar yang masih tersedia.

ACARS juga biasanya mengirimkan pesan teks saat pesawat mengalami guncangan atau turbulensi .

Menurut Malaysia Airlines, semua pesawat yang dilengkapi dengan perangkat ACARS . “Namun demikian, tidak ada panggilan marabahaya, dan tidak ada informasi yang disampaikan, ” kata pihak berwenang di perusahaan penerbangan itu.

ACARS Pesawat itu mengirim ‘ping’ lebih dari lima jam setelah transponder terakhir memancarkan sinyal, sumber industri penerbangan mengatakan kepada CNN akhir pekan lalu .

Sinyal itu tidak memberikan informasi tentang kecepatan atau ketinggian, tetapi menunjukkan pesawat itu dalam keadaan ‘utuh’ saat itu — karena ACARS bisa beroperasi bila pesawat memiliki integritas struktural yang bekerja.

‘Ping’ yang terdeteksi oleh satelit, yang digabung dengan data radar lainnya, menunjukkan teori bahwa pesawat mungkin terus melakukan perjalanan.

Informasi yang diperoleh dari analisis ini – yang oleh pejabat AS digambarkan sebagai ” belum pernah terjadi sebelumnya ” – mendukung kesimpulan bahwa pesawat berbalik ke arah barat, jauh dari Teluk Thailand menuju Samudera Hindia.

Mengacu pada kisaran lima sampai enam jam di mana pesawat bisa terbang setelah kontak lewat transponder terputus , kata pejabat yang sama, “Kami percaya kami memiliki waktu hilangnya pesawat dalam waktu satu jam.”

Tapi pada hari Sabtu, Perdana Menteri Malaysia Najib mengatakan bahwa “berdasarkan komunikasi satelit yang baru, kita dapat mengatakan dengan tingkat kepastian yang tinggi bahwa … ACARS sudah dinonaktifkan sebelum pesawat mencapai pantai timur Semenanjung Malaysia . ”

Map-MH370

Area pencarian Boeing MH370 semakin luas, karena kemungkinan ada perubahan arah pesawat dari jalur awal, setelah transponder petunjuk posisi pesawat dimatikan dengan sengaja.

3 . Dimana bisa pesawat itu? Apa yang bisa terjadi?

Ada bukti yang berkembang bahwa pesawat masih terbang selama berjam-jam setelah kehilangan kontak dengan pengawas lalu lintas udara .

Otoritas penerbangan Malaysia, dengan kesepakatan dari para ahli pemerintah AS dan Inggris , menyimpulkan komunikasi terakhir pesawat dengan satelit adalah kemungkinan mereka tengah menuju salah satu dari dua koridor.

Satu membentang dari perbatasan Kazakhstan dan Turkmenistan ke utara Thailand, yang lain dari Indonesia ke Samudera Hindia selatan.

Data terbaru dan perhitungan yang diberikan oleh pejabat Malaysia menunjukkan arah pesawat bisa menuju. Ke utara mencakup beberapa wilayah udara yang dijaga ketat oleh India, Pakistan dan instalasi AS di Afghanistan.

Maka, pihak berwenang AS lebih percaya MH370 itu diarahkan ke selatan India ke perairan di luar jangkauan radar, kata seorang pejabat AS . “Sebab, kalau terbang lebih jauh ke utara, sudah terdeteksi oleh radar, ” kata pejabat itu .

Sebuah analisis dari data elektronik dan satelit menunjukkan MAS Flight 370 kemungkinan jatuh di Teluk Benggala atau di tempat lain di Samudra Hindia, simpul laporan CNN.

Analisis yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan pemerintah Malaysia, berdasarkan data radar dan ‘ping’ dari satelit menunjukkan pesawat mengarah ke barat, ke Selat Malaka, dan kemudian terbang ke arah barat laut menuju Teluk Benggala atau barat daya ke lain bagian dari Samudera Hindia.

Radar militer Malaysia mencatat perubahan dramatis dari Flight 370 itu di ketinggian dan memotong jalur di seluruh Malaysia, kata pejabat senior di AS yang akrab dengan analisis data dan menolak untuk diidentifikasi karena sensitifnya informasi itu.

4 . Bisakah pilot ‘ terbang di bawah radar ‘ ?

Secara teoritis, bisa. Sebagai alat untuk melacak apa yang terjadi di langit, radar tidak memperoleh data semua jalan di darat.

Pilot militer dilatih untuk mengambil keuntungan dari ini ketika mereka perlu untuk diketahui . Namun pesawat mereka juga dilengkapi dengan alat untuk menghindari radar dan fitur lain yang dimaksudkan untuk membantu pasukan tempur dan pilot helikopter menguasai medan daratan, kata konsultan penerbangan Keith Wolzinger Grup Spectrum . Tetapi, Boeing tidak menawarkan fitur tersebut pada pesawat komersial .

” Pilot jet komersial tidak dilatih untuk menghindari radar , ” kata Wolzinger, mantan penerbang 777 . “Kami ingin selalu berada dalam jangkauan radar . ”

Juga, tidak seperti di dunia militer, pesawat sipil tidak memiliki sinyal untuk mendeteksi apakah mereka telah terlihat di radar.

5 . Mungkinkah pesawat telah mendarat di suatu tempat ?

Satu teori pejabat AS yang dilaporkan Wall Street Journal, adalah seseorang mungkin telah mengambil alih pesawat yang akan digunakan untuk tujuan lainnya kelak. Jadi secara teoritis mungkin pesawat bisa mendarat dengan remote, di lapangan terbang yang tersembunyi .

Ada beberapa lubang (kelemahan) besar dalam teori itu. Boeing 777 adalah pesawat besar. Hal ini membutuhkan, minimal, hampir sepanjang 1,5 Km jalur di lapangan untuk mendarat. Bagaimana mendapatkan lokasi itu tanpa membangunkan ‘alarm’, kata Richard Quest koresponden penerbangan CNN. “Anda tidak bisa menerbangkan Boeing 777 dan tanpa jejak radar, ” katanya .

Seorang pejabat senior AS , mengutip informasi dari Malaysia yang berbagi dengan Amerika Serikat, mengatakan kepada CNN bahwa ” mungkin ada kemungkinan yang signifikan ” bahwa pesawat 370 itu ada di dasar Samudera Hindia .

6 . Berapa besar kemungkinan pembajakan atau terorisme dalam situasi ini ?

CIA dan FBI tidak menyebut  itu – lebih tepatnya belum. Tetapi pihak berwenang tidak mengesampingkan banyak pada saat ini. Sangat mencurigakan bahwa pesawat tampaknya telah berbalik arah. Kecurigaan mereka lebih didorong oleh hilangnya komunikasi dengan pesawat, mengingat pesawat itu memiliki “aliran listrik berlebih ” dan tidak harus dinonaktifkan .

Robert Francis, mantan wakil ketua Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS, mengatakan yang ia pikir pertama setelah mendengar keadaan hilangnya penerbangan misterius itu adalah pesawat  akan meledak. Tapi bahkan ledakan tidak selalu menjadi bukti adanya terorisme .

Memang ada dua pria yang menggunakan paspor curian untuk naik pesawat diidentifikasi oleh Interpol sebagai Iran Pouri Nourmohammadi, 18, dan Delavar Seyed Mohammad Reza, 29 .

Tapi penyidik Malaysia kemudian mengatakan, tak satu pun dari mereka memiliki hubungan yang jelas dengan organisasi teroris.

Paspor dicuri memang tidak selalu menunjukkan adanya terorisme. Bahkan, penumpang terbang tanpa dokumen perjalanan saat mereka diperiksa – juga tidak selalu terorisme.

Di antara alasan seseorang menggunakan paspor curian adalah : pindah ke negara lain, sedang mengekspor barang tanpa membayar pajak atau untuk menyelundupkan barang-barang curian , orang, obat-obatan, pedagang narkoba, atau senjata ilegal.

7 . Bagaimana dengan kegagalan mekanis ?

Itu salah satu kemungkinan, tapi kurang begitu sejak PM Najib Razak mengatakan hari Sabtu bahwa gerakan pesawat itu “konsisten dengan tindakan sengaja oleh seseorang di pesawat . ”

Tidak adanya puing-puing di lapangan menunjukkan bahwa pilot mungkin telah melakukan pendaratan darurat di atas air dan pesawat kemudian tenggelam utuh, tapi tidak ada sinyal marabahaya .

Namun, konsultan penerbangan Kit Darby mengatakan mungkin ada kegagalan daya, dan selama jam ketika ia memiliki daya cadangan, pilot berusaha untuk kembali ke “bandara dan daerah yang dia tahu.

Ada juga kemungkinan bahwa ekor atau sayap robek dari badan pesawat. Ada Boeing tertentu yang ujung sayapnya terpotong di masa lalu, tetapi kemudian diperbaiki.

Kemungkinan lain adalah bahwa jendela atau pintu mengalami kerusakan, yang menyebabkan suhu di dalam pesawat turun ke 60 derajat di bawah nol, menciptakan kabut beku dan memberikan awak hanya beberapa detik untuk mengenakan masker oksigen sebelum menjadi bingung dan kemudian tidak mampu mengendalikan sama sekali . – CNN/d