Thursday, 15 November 2018

Untuk Warga Jakarta

6 RSUD, 340 Puskemas Siap Layani Pasien JKN

Rabu, 19 Maret 2014 — 22:11 WIB
rs1

Jakarta (Pos Kota) – Sebanyak 6 RSUD, 340 Puskesmas dan 88 klinik disiapkan Pemprov DKI Jakarta untuk melayani pasien miskin pengguna Kartu Jakarta Sehat (KJS) yang berganti Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

RSUD itu antara lain RSUD Tarakan, RSUF Pasar Rebo, RSUDBudhi Asih Jaya, RSUD Koja, RSUD Cengkareng dan RSUD Duren Sawit. Sedangkan puskesmas ada di tiap kecamatan dan kelurahan.

“Warga tidak usah khawatir, kita tetap utamakan warga. RSUD, puskesmas dan klinik cukup untuk melayani warga,”kata Dien Emmawati, Kadis Kesehatan DKI Jakarta, kemarin.

Ia menjelaskan, sebenarnya ada 81 rumah sakit yang sudah menyatakan siap bergabung.”Dari 152 rumah sakit ada 82 yang siap gabung. Hanya 71 yang belum. Tapi yang ada juga sudah cukup,”katanya.

Dikatakan Dien, layanan kesehatan di Jakarta juga sudah didukung 340 puskesmas dan 88 klinik. Sehingga masyarakat diminta untuk memanfaatkan jasa puskesmas dan klinik yang telah bergabung dengan BPJS.

Diakui Dien, saat ini perlu dilakukan lagi upaya preventif dan promotif kepada masyarakat. Upaya promotif dilakukan, agar masyarakat lebih tahu, sehingga ketika sakit tidak terlalu parah bisa langsung berobat ke puskesmas atau klinik.

“Jadi inginnya kita cegah supaya orang tidak sakit, di luar negeri itu rumah sakit sepi, tidak ramai. Karena di ujungnya main preventif. Kemudian konsultasi ke dokter pribadinya jalan. Itu yang akan kami galakkan,” tandasnya. (John)

Foto: Illustrasi