Saturday, 17 November 2018

Pemuda Harus Bersatu Melawan Korupsi dan Ketidakadilan.

Minggu, 23 Maret 2014 — 17:41 WIB
Mahfud MD-n

JAKARTA (Pos Kota) – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD mengajak segenap pemuda di Indonesia  bersatu melawan ketidakadilan dan memberantas korupsi. Sebab Indonesia adalah negara besar yang memiliki potensi untuk menjadi negara maju dan menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia.

“Potensi untuk menjadi kekuatan ekonomi dunia sudah di depan mata. Kita perlu persiapkan sejak sekarang terutama para pemudanya yang kelak akan menjadi pilar pembangunan bangsa. Agar terwujud, maka kaum muda harus ikut perangi korupsi,” papar Mahfud terkait Kemah Pemuda Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) yang berlangsung di Kampus HKBP Nommensen, Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Kegiatan yang diikti 1700 pemuda dari Aceh hingga Papua tesebut terdiri atas pemuda HKBP, pemuda Ansor, dan pemuda Muhammadiyah.

Mahfud mengatakan bahwa ada banyak hal yang bisa menggagalkan Indonesia menjadi negara maju. Diantaranya renggangnya persatuan dan kesatuan bangsa.

“Mohon dicamkan, jangan lagi mau dipecah belah untuk  urusan sepele seperti urusan primordial, urusan suku, agama dan urusan lainnya,” lanjutnya.

Mahfud mengingatkan bahwa perbedaan agama, suku atau golongan, tidak boleh membatasi atau membuat kita terkotak-kotak.  Sebab Indonesia adalah negara kebangsaan yang berketuhanan atau religious nation state, yang menghargai perbedaan dan kemajemukan.

“Jadi musuh utama kita adalah orang-orang yang tamak dan merampas hak-hak kita, dan orang-orang yang berlaku tidak adil,” ungkap calon Presiden dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Sementara itu, Ketua Umum PBNU, KH. Said Aqil Siradj menambahkan bahwa  pemuda Indonesia juga harus menjauhi radikalisme, ekstrimisme, dan terorisme yang saat ini menjadi ancaman bangsa. Kuncinya tentu memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan untuk menghindari upaya memecah belah yang dilakukan pihak tak bertanggungjawab.

Terkait hadirnya dua tokoh nasional dalam kegiatan Kemah Kebangsaan tersebut pimpinan HKBP, Ephorus WTP Simarmata mengatakan bahwa pemuda Indonesia saat ini membutuhkan figur yang  bersih, cerdas, berani dan menghargai kemajemukan seperti Mahfud MD.

Harapannya Mahfud bisa menimbulkan inspirasi bagi pemuda Indonesia untuk berpartisipasi dalam pembangunan nasional tanpa harus mengorbankan harga diri dan memanfaatkan jalan yang tidak benar. (Winoto/d)