Wednesday, 14 November 2018

Prioritaskan Mobil Pribadi

Liburan Nyepi, Truk Antre di Pelabuhan Merak

Minggu, 30 Maret 2014 — 19:01 WIB
lbuan

MERAK (Pos Kota) – Libur panjang Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1936, ratusan truk ekspedisi yang akan menyebrang ke Pelabuhan Bakauheuni, Lampung, antri di lima dermaga Pelabuhan Merak, Kota Cilegon. Antrian ini disebabkan karena meningkatnya pengendara kendaraan pribadi yang akan berlibur di sejumlah kota di Pulau Sumatera.

“Kepadatan terjadi sejak Sabtu kemarin. Ini disebabkan adanya peningkatan kendaraan pribadi yang akan menyeberang. Agar liburan tidak terganggu, kita prioritaskan kendaraan pribadi ketimbang truk ekspedisi,” kata Mario Sardadi Utomo, Humas PT ASDP Indonesia Ferry Merak, dihubungi poskotanews.com, Minggu (30/3) malam.

Meski pihaknya memprioritaskan kendaraan pribadi, lanjut Mario, seluruh kendaraan truk yang ada di dermaga terus mengalir masuk kapal. Untuk mengantisipasi truk antri keluar areal pelabuhan, PT ASDP mengoperasikan 23 kapal roro dengan empat dermaga yang siap digunakan untuk aktivitas bongkar muat dengan waktu sandar dipercepat.

“Dengan sistem pelayanan yang kita lakukan saat ini, kita yakin tidak ada antrian truk keluar dermaga. Mudah-mudahan cuaca juga baik,” ujar Mario.

Lebihlanjut dikatakan, data produksi pada Minggu ini bahwa trip kapal 77 trip, penumpang 6.541 orang, kendaraan roda dua 2.659 unit, kendaraan pribadi 3.042 unit, bus 203 unit dan truk 2.620 unit. “Jumlah kendaraan yang telah disebrangkan sebanyak 8.524 unit,” terang Mario. (haryono)

Suasana di Pelabuhan Merak