Wednesday, 17 July 2019

24 Tahun Terendam

3.810 Makam di Kampung Apung Dipindah ke TPU Tegal Alur

Senin, 31 Maret 2014 — 21:15 WIB
makampung

KEMBANGAN (Pos Kota) – Sebanyak 3.810 makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kapuk Teko, (Kampung Apung) RW 01, Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar) yang terendam selama 24 tahun akan dipindahkan ke TPU Tegal Alur.

Pemindahan ini sebagai tindak lanjut pengeringan air di Kampung Apung yang saat ini tengah berjalan. Kasudin Pemakaman Jakbar, M. Yuswardi mengatakan pasca pengeringan kampung apung, yang diperkirakan selesai satu bulan ke depan, pihaknya akan memindahkan 3.810 makam yang terendam.

“Makam-makam tersebut akan dipindahkan ke TPU Tegal Alur, karena lokasinya dekat dan lahannya juga masih tersedia,” jelas Yuswardi.

Melihat kondisi makam di TPU Kapuk Teko yang sudah lama terendam dan terkubur lumpur serta sampah, kemungkinannya tidak ada lagi nisan yang menjadi tanda. Kondisi ini tentunya akan menyulitkan pihaknya untuk mengidentifikasi satu-persatu, sehingga diperlukan koordinasi dengan ahli waris makam. “Memang kami belum melakukan sosialisasi kepada para ahli waris, baik soal pemindahan dan teknisnya,” ujar Yuswardi.

Mengenai biaya pemindahan makam, Yuswardi menjelaskan belum menganggarkan. Namun sesuai perkiraan biayanya untuk satu makam sekitar Rp 1 juta sehingga totalnya sekitar Rp 3 miliar. “Kami belum menganggarkan, tapi nanti bisa diusulkan di Anggaran Belanja Tambahan (ABT) tahun 2014,” jelasnya. (tarta)