Wednesday, 27 March 2019

Diduga Terkena Serangan Jantung

Dalang Asep Sunarya Meninggal Dunia

Senin, 31 Maret 2014 — 22:01 WIB
asep1

BANDUNG (Pos Kota) – Diduga terserang jantung, dalang terkenal di tanah Sunda,  Asep Sunandar Sunarya, meninggal dunia, Senin  (31/3) sore. Ki dalang yang terkenal  humoris dan sering nongol di layar perak rencananya akan dimakamkan Selasa (1/40 di Jelekong, Kabupaten Bandung.

Asep Sunanrdar Sunarya, mestro dalang wayang golek dari Giriharja ini meninggal dunia Senin pukul 14.30 WIB. Almarhum terkena serangan jantung, dan rencananya April akan berobat ke Singapura. Asep Sunanrdar meninggal dunia dalam usia 59 tahun, meninggalkan 16 anak, dan 11 cucu.

Kidalang Asep, menekuni dinia pedalangan sejak usia 14 tahun. Debut mendalangnya mulai terkenal tahun 1982. Dunia dalangnya sudah yerkenal hibgga luar negeri. Bahkan Universuitas Duchwell, Perancis memberikan gelar profesor dalam dunia seni pedalangan. Ki Dalang yang terkenal lawakannya kini semayamkan di rumahnya di Kampung Girihardja RT 1 RW 1 Jelekong, Baleendah, Kabupaten Bandung.

Salah seorang anggota keluarga Dadan,46, menjelaskan, almarhum Asep rencananya akan berobat ke Singapura awal April mendatang. Sebenarnya, almarhim sudah siap untuik berangkat namun gagal terus lantaran padatnya jadwal manggung.

”Awal April ada waktu kosong, dan almarhum siap ke Singapura. Namun Allah SWT berkata lain, beliau dipanggil terlebih dahulu,” ujarnya. Sebelum menghembuskan nafas terakhir almarhum sempat dirawat di RS Bormeus beberapa hari. (dono/yo)

Foto: Istimewa