Sunday, 18 November 2018

Bantai Newcastle United 4-0

Setan Merah Siap Sambangi Allianz Arena

Sabtu, 5 April 2014 — 23:23 WIB
Manchester United manager Moyes reacts during their English Premier League soccer match against West Bromwich Albion at The Hawthorns in West Bromwich

MANCHESTER  – Berkat Juan Mata, ambisi ‘Setan Merah’ Manchester United (MU) untuk menjaga peluang finis di zona Eropa Liga Primer Inggris musim ini, diselesaikan dengan membantai tuan rumah Newcastle United 4-0 di St James Park, Sabtu (5/4) malam WIB. Hasil itu sekaligus jadi modal positif bagi skuad besutan David Moyes jelang menyambangi Bayern Muenchen pada pentas Liga Champions di Allianz Arena, Kamis (10/4) dinihari WIB.

Sejak kalah 0-3 dari Manchester City pada laga derby, 25 Maret lalu, pasukan Moyes terus menunjukkan performa terbaiknya dalam tiga laga beruntun. Sukses melumat Aston Villa 4-1, MU sempat membuat kejutan dengan menahan Muenchen 1-1 pada leg pertama babak perempatfinal Liga Champions, tengah pekan kemarin. Kali ini, giliran Newcastle yang harus menelan pil pahit di depan publik sendiri usai kalah dengan skor telak, empat gol tanpa balas dari MU.

Tampil tanpa Wayne Rooney, MU mengandalkan Javier Hernandez sendirian di lini depan guna mengimbangi permainan tuan rumah yang banyak bertumpu di lini tengah. Permainan yang relatif berjalan seimbang, kerap memperlihatkan aksi jual-beli serangan di antara kedua tim. Namun aksi tersebut pada akhirnya membuahkan hasil bagi kubu Setan Merah. Adalah Mata yang membuka keunggulan tim tamu lewat gol indahnya di menit ke-39.

Dengan cerdik, Ia mengarahkan bola ke pojok kiri atas gawang dengan kaki kirinya yang tidak mampu dijangkau penjaga gawang Newcastle, Robert Elliot. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum. Di babak kedua, Mata kembali jadi momok dengan kembali mencetak gol keduanya di menit ke-50. Kali ini, Mata berhasil memanfaatkan kemelut di depan gawang Elliot sebelum menjaringkan bola untuk membawa MU menjauh 2-0. Merasa masih belum puas, MU kembali menambah gol.

Adalah Hernández (65′) dan Adnan Januzaj (90′) yang akhirnya mencetak gol untuk melengkapi kemenangan Setan Merah di laga ini. Hasilnya, MU naik satu peringkat ke tangga enam klasemen sementara dengan 57 poin dari 33 laga. Skuad Moyes terpaut tiga angka dari batas akhir zona Eropa, hunian Everton. Sementara Newcastle dengan 46 poin dari 33 laga, terpaut dua angka dari Southampton yang kalah 1-4 dari Manchester City pada hari yang sama.

City yang tetap menjaga posisi di papan atas dengan 70 poin dari 31 laga, sukses mencetak empat lewat aksi Yaya Toure (penalti, 3′), Samir Nasri (45′), Edin Dzeko (45′), dan  Stevan Jovetic (81′). Sedangkan satu-satunya gol balasan Southampton dikemas Rickie Lambert (penalti, 37′). Di laga lainnya, Aston Villa menyerah 1-2 dari Fulham, Cardiff takluk 0-3 dari Crystal Palace, Hull menang 1-0 atas Swansea, dan Norwich kalah 0-1 West Bromwich Albion. (junius/yo)